Penting! Ini 4 Jenis Sayuran yang Boleh Dikonsumsi Penderita Batu Ginjal

 

 

 

 

Foto: Ilustrasi

Indonewsdaily.com, Kesehatan – Batu ginjal adalah massa keras seperti kerikil yang terbentuk pada ginjal. Yang berukuran kecil bisa lolos bersama air kencing tanpa masalah. Namun yang besar bisa menyumbat aliran urine.

Itu sebabnya penderita batu ginjal perlu benar-benar memperhatikan asupan makanan termasuk sayuran.

Berikut sayuran yang boleh dimakan penderita batu ginjal.

1. Kale

Penderita batu ginjal khususnya yang terbentuk dari kalsium dan oksalat dianjurkan tidak mengonsumsi sayuran tinggi oksalat. Sayuran tinggi oksalat antara lain, bayam, bit, ubi, rhubarb, dan Swiss chard.

Sebaiknya ganti dengan sayuran yang tinggi kalsium untuk mencegah mineral oksalat saling berikatan dan mengkristal salah satunya kale.

2. Bok choy

Selain kale, sayuran tinggi kalsium lain adalah bok choy. Jenis sawi satu ini banyak digunakan dalam Chinese food. Bok choy sebenarnya masih bersaudara dengan brokoli, kembang kol dan kale.

Melansir dari Eating Well, sekitar 100 g bok choy matang mengandung 158 mg kalsium. Bok choy juga tinggi serat (2 g), potassium (631 mg) dan vitamin C (44 mg).

3. Brokoli

Brokoli merupakan salah satu sayuran yang boleh dimakan penderita batu ginjal. Sayuran satu ini biasanya dianjurkan untuk memenuhi kebutuhan vitamin C dan K.

Melansir dari Healthline, dalam 90 g brokoli mentah memenuhi 91 persen kebutuhan vitamin C harian dan 77 persen vitamin K harian.

4. Edamame

Edamame kerap disajikan sebagai side dish di restoran atau sekadar camilan di rumah. Edamame sebenarnya merupakan kacang kedelai yang dipanen sebelum benar-benar matang.

Selain rendah kalori dan bebas gluten, edamame juga tinggi kalsium sehingga sayuran yang boleh dimakan penderita batu ginjal.

Mengutip Medical News Today, dalam 160 g edamame matang mengandung 97,6 mg kalsium.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *