DPW PPNI (Persatuan Perawat Nasional Indonesia) DKI Jakarta Melantik Pengurus Badan Penanggulangan Bencana, Sabtu (03/09/2022).

Percepat Tangani Bencana, PPNI Jakarta Lantik Pengurus Bapena

Indonewsdaily.com, Jakarta Pusat – DPW Persatuan Perawat Nasional Indonesia (PPNI) DKI Jakarta membentuk Badan Penanggulangan Bencana (Bapena) untuk bergerak berkolaborasi melakukan penanganan penanggulangan bencana di DKI Jakarta. Secara resmi Badan Penanggulangan Bencana mulai (Bapena PPNI) beroperasi saat dilantik di Gedung Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan DKI Jakarta, di Jalan Kyai Haji Zainul Arifin, Duri Pulo Kecamatan Gambir Kota Jakarta Pusat, Sabtu (03/09/2022).

Ketua DPW PPNI DKI Jakarta, Ns. Jajang Rahmat., M. Kep. Sp. Kep. Kom mengatakan bahwa PPNI DKI Jakarta melakukan melantik pengurus Badan Penanggulangan Bencana PPNI Wilayah DKI Jakarta bersama BPBD DKI Jakarta dan DPP PPNI Pusat.

Tujuan kegiatan ini membentuk Bapena (Badan Penanggulangan Bencana) PPNI DKI Jakarta sebagai jawaban bahwa Perawat memang terlibat dalam segala kemampuan bencana.

“Hari ini DPW PPNI DKI Jakarta resmi membentuk dan beroperasi Badan Penanggulangan Bencana (Bapena), yang didalamnnya rekan-rekan perawat yang tugasnya melakukan penanganan penanggulangan bencana bisa terkoordinir dengan baik,” tuturnya.

Lanjut Jajang menjelaskan, bahwa rekan-rekan perawat yang terlibat dalam Badan Penanggulangan Bencana (Bapena) juga mempunyai kemampuan keahlian-keahlian spesifik dalam penanganan penanggulangan bencana.

“Ada perawat saat mengatasi penanganan bencana dan ada perawat yang mengatasi pasca bencana. Dengan adanya bentukan Badan Penanggulangan Bencana PPNI DKI Jakarta bisa bersinergi dan berkolaborasi dengan BPBD DKI Jakarta, organisasi penanggulangan bencana, lembaga dan seluruh stakeholder dalam mengatasi penanganan penanggulangan bencana,” sambungnya.

Sementara itu, Kepala Subbagian Umum dan Kepegawaian BPBD DKI Jakarta Win Endrias mengutarakan, bahwa adanya lahirnya Badan Penanggulangan Bencana (Bapena) PPNI DKI Jakarta sebagai kekuatan baru dalam penanganan penanggulangan bencana.

“Sehingga penanganan bencana bisa maksimal dan cepat. Kolaborasi ini terus dilakukan secara berkelanjutan dan mengaktifkan koordinasi terus menerus,” beber Win dilokasi.

Ns. Jajat Sudrajat.S.Kep yang mewakili DPP PPNI juga menyampaikan bahwa DPP PPNI akan terus mendukung dan mensupport pembentukan Bapena PPNI disetiap wilayah.

“Kami dari Pusat DPP PPNI (Persatuan Perawat Nasional Indonesia) terus memberikan support dan dukungan terhadap pembentukan Bapena. Pembentukan Bapena di tiap wilayah akan saling terkoneksi dalam langkah cepat melakukan penanganan penanggulangan bencana,” tandasnya.

Selain itu, Ns. Cicielia Ernawati Rahayu, M.Kep selaku Ketua Bapena PPNI DKI Jakarta menegaskan bahwa tugas-tugasnya melakukan kontribusi dalam penanganan bencana dan terintegrasi dengan Bapeda, ASN dan organisasi lainnya disektor penanganan penanggulangan bencana.

H. Maryanto., SKM., S.Kep.,Ns selaku Sekretaris DPW PPNI DKI Jakarta menambahkan bahwa PPNI DKI Jakarta membangun Bapena dilakukan secara solid, profesional, akuntabel dan transparan.

“Mari kita optimalkan koordinasi dan kerjasama dengan lembaga, organisasi, pemerintah dan seluruh sektor dalam hal penanganan penanggulangan bencana,” pungkas Maryanto.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *