Peringatan Bulan Bhakti Karang Taruna Kota Malang 2022

Jawa Timur131 Views

Indonewsdaily.com, Kota Malang – Penguatan Eksistensi Peran Karang Taruna dalam Kesetiakawanan sosial dalam acara peringatan bulan bhakti karang taruna kota Malang 2022.

(27/11/2022) bertempat di Ijen suite hotel, karang taruna Kota Malang menyelenggarakan kegiatan puncak bulan bhakti karang taruna sebagai wujud eksistesi lembaga kepemudaan dalam kehidupan bermasyarakat.

Bulan Bakti Karang Taruna diperingati setiap tanggal 26 September. Perayaan Hari Ulang Tahun Karang Taruna ini bertujuan untuk mengapresiasi semangat jiwa, peranan penting dan strategis pemuda dalam membantu program pemerintah dalam bidang kesejahteraan sosial.

Mengusung tema “Menguatkan eksistensi peran karang taruna dalam kesetiakawanan Sosial” Maksud dari tema tersebut adalah bahwa Pemuda sebagai salah satu Pilar Bangsa harus mampu berdiri diatas kaki sendiri dalam Berkarya serta Produktif dan menjadi panutan/tauladan bagi pemuda lainnya.

Karang Taruna adalah organisasi yang dibentuk oleh masyarakat sebagai wadah generasi muda untuk mengembangkan diri, tumbuh, dan berkembang atas dasar kesadaran serta tanggung jawab sosial dari, oleh, dan untuk generasi muda, yang berorientasi pada tercapainya kesejahteraan sosial bagi masyarakat.

Pemberdayaan Karang Taruna adalah suatu proses pengembangan kemampuan, kesempatan, dan pemberian kewenangan kepada Karang Taruna untuk meningkatkan potensi, pencegahan dan penanganan permasalahan sosial,
pengembangan nilai-nilai kepeloporan melalui pemanfaatan sumber daya
manusia, sumber daya alam, sumber daya sosial, dan teknologi.

Peserta yang hadir diperkirakan sejumlah ± 100 orang terdiri dari
Ketua Karang Taruna Kelurahan 57 orang Ketua Karang Taruna Kecamatan 5 orang Forum pengurus karang taruna kota sebanyak 20 orang serta TKSK Kecamatan 5 orang.

Selain itu juga hadir Organisasi Kepemudaan KNPI kota Malang,Anshor Kota Malang ,PP Muhammadiyah Kota Malang,SAPMA PP Kota Malang,FKPPI Kota Malang,MDI Kota Malang,Katar Kabupaten Malang dan juga hadir pula DINSOS P3AP2KB.

Hadir pula dalam acara Walikota Malang Drs. H Sutiaji yang sekaligus untuk membuka acara,Ketua DPRD Kota Malang I Made Riandiana Kartika, SE.MM.,Ketua karang taruna Nasional Dr. Didik Mukrianto, SH. MH,Ketua Karang Taruna Provinsi Jawa Timur Agus Maimun, SE.,M.Hi, Ketua Dinsos P3AP2KB Dra. Penny Idriyani, MM, Camat se-Kota Malang, Perwakilan Polresta Malang.

Ketua Karang Taruna Kota Malang Suryadi., S.Pd., MM.
Menyampaikan laporan kegiatan pada hari ini terkait agenda dan peserta yang hadir dalam kegiatan baik dari internal maupun eksternal.

“Karang Taruna erat kaitannya dengan Penyelenggaraan Kesejahteraan Sosial.
Penyelenggaraan Kesejahteraan Sosial adalah upaya yang terarah, terpadu, dan
berkelanjutan yang dilakukan Pemerintah, pemerintah daerah, dan masyarakat dalam bentuk pelayanan sosial guna memenuhi kebutuhan dasar setiap warga negara, yang meliputi rehabilitasi sosial, jaminan sosial, pemberdayaan sosial, dan perlindungan sosial, Dengan peringatan Bulan Bhakti diharapkan esksistensi Karang Tauna tetap eksis dalam pemberdayaan sosial di para pemuda yang ada di kota Malang. Potensi yang besar dari pemuda yang ada di kota Malang menjadi poin penting untuk menjadikan karang taruna sebagi salah satu wadah untuk mengembangkan potensi pemuda yang ada di kota Malang menuju kota yang lebih maju adil dan makmur.” ungkapnya. (win)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *