Perumda Tirta Kanjuruhan Selektif Dalam Pendataan Pemohon Hibah Air Bersih

Indonewsdaily.com, Malang – Dalam meningkatkan pelayanan kepada masyarakat terkait air bersih, Perumda Tirta Kanjuruhan memaksimalkan program Hibah air bersih yang ada di Kabupaten Malang.

Mengingat ada sekitar 33 kecamatan yang ada di kabupaten Malang ini penyediaan air bersih oleh Perumda Tirta Kanjutuhan hanya sekitar 26 kecamatan saja sisanya memanfaatkan Hipam air bersih dan penyaluran air secara swadaya masyakarakat .

Dengan demikian pihaknya memaksimalkan program hibah air bersih untuk warga yang wilayahnya belum mendapatkan distribusi air dengan baik.

Seperti contoh pendataan pemohon hibah air dilaksanakan dengan seleksi yang sangat ketat sehingga benar-benar bisa di manfaatkan oleh pemohon yang tepat dan merata.

Hal ini dikatakan Saiful, kepala Unit Jabung Perumda Tirta Kanjuruhan, bahwa untuk pendataan pemohon untuk program Hibah memang tidak mudah, harus melalui seleksi secara ketat dan waktunya lama.

“Untuk mengindari data double, karena tidak mungkin ada satu lokasi titiknya double. itu nanti pada waktu proses verifikasi prosesnya untuk verifikasi baik uji dari PUPR maupun dari kita. Yang baseline itu kalau titiknya sama enggak akan bisa masuk di sistem. Jadi kalau sudah satu titik apalagi dengan satu KTP, KK sama itu tidak mungkin akan masuk” jelas Saiful ,Jumat (1/6/2022)

Menurut Saiful, tahapan pemohon nantinya akan masuk di Pra besline yang artinya adalah data awal yang diajukan ke direksi Perumda kemudian dilanjutkan oleh tim hublang untuk memverifikasi. kemudian turun ke unit untuk dilaksanakan cek kelayakan untuk dijadikan pedoman diajukan CPMU.

Saiful menambahkan bahwa data yang dimasukkan harus sesuai dengan persyaratan yang berlaku untuk bisa di ACC.

“Program hibah ini memakan waktu yang lama, kurang lebih 11 bulan baru bisa terealisasikan” jelasnya.

Sedangkan Perumda unit Jabung menyebutkan untuk jumlah produksi air sudah cukup sehingga dari pusat menargetkan untuk bisa didistribusikan ke masyarakat untuk mendapatkan air bersih.

Hal ini tak lepas dari seleksi pemohon mana yang bisa dilayani,Sedangkan kebutuhan air yang ada di wilayah Jabung sendiri sudah mencukupi dalam 24 jam mempu mensuplay air, tekanan air 5 bar beda dengan yanga ada di kota yang tekanannya masih 2 bar saja itu pun sudah maksimal. (win)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *