Pesta Budaya Selecta Resmi Dibuka, 5-6 Juli 2024

Pesta Budaya Selecta Resmi Dibuka, 5-6 Juli 2024

indonewsdaily.com, Kota Batu- Agenda tahunan yang dilaksanakan PT Selecta kembali digelar dan dilakukan pembukaan pada hari jumat (5/7/2024), bertempat di pelataran parkir Wisata Selecta.

Acara ini dihadiri oleh Kadis Pariwisata kota Batu, Dewan Komisaris PT Wisata Selecta, Danramil Bumiaji, Camat Bumiaji, Kepala BPJS Ketenagakerjaan, Pimpinan Bank Jatim, Direksi PT Wisata Selecta, serta masyarakat kota batu.

Dirut PT Wisata Selecta Sujud Hariadi mengatakan bahwa acara ini adalah setiap tahun diadakan oleh PT Wisata Selecta.

“Ini acara tahunan kita untuk lebih mendekatkan anatar selecta dengan pihak masyarakat, selain itu kemarin kita juga melaunching wisata Zero Sampah, Jadi sama sekali tidak ada lagi sampah keluar dari wisata ini, kami ucapkan terima kasih kepada  bapak ibu semuanya dan mohon doa agar acara ini menjadi berkelanjutan terus dan menjadikan Selecta semakin jaya,” ucapnya.

Sementara itu Dwi Nawangwulan Komisaris Utama PT Selecta mengatakan terimakasih kepada semua pihak.
“Semoga sampai besok bisa berjalan lancar, dan kami segenap jajaran mengucapkan syukur meskipun kondisi perekonomian yang saat ini kurang baik tapi PT Selecta masih tetap dilimpahi berkah sehingga salah satu bentuk syukur kami dari Selecta adalah menggelar pesta kesenian yang dilaksanakan pada hari ini dan besok, acara ini diperuntukkan untuk masyarakat sekitar dan masyarakat secara umum jadi minimal masyarakat di sekitar kami dan kota batu, ” ungkapnya.

Lebih lanjut Ia menjelaskan bahwa tahun ini pihaknya menggelar pesta budaya kesenian bersama pekerja seni dan seniman dari kota Batu juga ada dari Banyuwangi, Madura dan bahkan dari Betawi.

“Jadi nanti masyarakat yang ada di Kota Batu ini khususnya tidak perlu jauh-jauh melihat kesenian cukup di Selecta saja, sehingga masyarakat sekitar Selecta dan masyarakat secara umum bisa menikmati pagelaran budaya Indonesia  semoga masyarakat di sekitar secara umum bisa terhibur dan senang untuk menikmati kesenian,” terangnya.

Selain itu Dwi menambahkan bahwa ada gelaran UMKM di lokasi pesta budaya ini.

“Nanti ini juga ada tempat untuk berjualan dari UMKM sehingga bisa terangkat dengan adanya pesta budaya ini,” imbuhnya.

Acara dilanjutkan dengan pembagian sertifikat halal kepada pelaku usaha UMKM dari PT Selecta kepada pedagang pasar Wisata Selecta serta pelaku pujasera yang mana ini adalah untuk mendukung program wisata Kota Batu 2024

Penggiat seni yang akan menampilkan kesenian budaya daerahnya selain dari kota Batu juga dari daerah lain di Indonesia,

Sedangkan Drs. Arief Ass Siddiq, M.H Kepala Dinas Pariwisata Kota Batu mengatakan pihaknya mengapresiasi atas kontribusi dari PT Selecta terhadap Kota Batu.

“Kami dari pemerintah kota Batu khususnya  Dinas Pariwisata menyampaikan apresiasi dan penghargaan yang setinggi-tingginya untuk Direksi PT Selecta, yang telah menggagas acara pada malam hari ini yaitu Selecta pesta budaya, ini tentunya menunjukkan kepedulian, semangat dari PT Selecta untuk bersama-sama dengan kita semua dalam berbudaya dan bersosial,” ucapnya.

Pemerintah kota Batu memberikan kesempatan kepada pelaku budaya dan juga masyarakat untuk bersama-sama tampil dan menyaksikan berbagai pagelaran yang tentunya nanti disajikan.

“Prestasi kontribusi dari PT Selecta yang terus-menerus untuk kota Batu kita tahu persis, Selecta ini sangat luar biasa dengan sejarah juga yang sangat luar biasa kalau tidak salah dimulai tahun 1930 yang terus berkembang, dan apa yang diberikan PT Selecta kepada masyarakat serta pemerintah kota Batu sudah tidak diragukan lagi, ini luar biasa seperti Wisata Zero Sampah adalah yang pertama di Indonesia,” ucapnya.

Lanjut Arief, PT Selecta sudah menjadi Iconic wisata legendaris di Jawa Timur.

“Selecta adalah wisata iconic di kota Batu dan  juga di provinsi Jawa timur, bahkan Nasional, bahkan dunia, di samping itu Selecta ini berkontribusi besar di dalam rangka peningkatan pendapatan asli daerah (PAD), yang tidak kalah kerennya adalah setiap tahunnya tidak kurang satu juta wisatawan berkunjung ke taman rekreasi Selecta ini, kemudian yang tidak kalah keren bahwa PT Selecta ini juga berkontribusi kepada pengembangan perekonomian yang ada di sekitar wilayah kecamatan Bumiaji khususnya maupun kota batu,” tambahnya.

Arif bangga disinggung mengenai Zero Sampah. “Yang kemarin sangat luar biasa ternyata PT Selecta juga berkontribusi kembali kepada upaya kota batu dalam rangka penanganan sampah yang kemarin di launching Selecta Zero sampah, dan pada hari ini kembali saya sampaikan Selecta berkontribusi untuk budaya jadi bagaimana Selecta ini dengan potensinya, ya tentunya bertujuan antara lain adalah di samping untuk mengembangkan kebudayaan juga ekonomi yang ada di masyarakat di wilayah Selecta dan sekitarnya serta tiket murah,

Kemudian Kadispar kota Batu resmi membuka Pesta Budaya tahun 2024 yang akan berlangsung selama dua hari mulai tanggal 5 dan 6 juli ini yang ditandai dengan pemukulan Gong. (win)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *