Puncak Sarah Klopo, Anak Gunung Penanggungan Mojokerto yang Dijuluki Merbabu KW

 

FOTO: Salah satu pendaki berada di puncak sarah klopo

Indonewsdaily.com, Mojokerto – Satu lagi spot pendakian yang tengah viral di Kabupaten Mojokerto. Berada di wilayah Kecamatan Trawas, puncak Sarah Klopo yang disebut-sebut mirip Gunung Merbabu ini bisa dicoba untuk mengisi liburan atau pendaki pemula.

Puncak Sarah Klopo memiliki keindahan pemandangan alam yang memukau ditambah dengan track yang ramah untuk pendaki pemula. Pendaki selain akan melihat pemandangan indah, juga akan menikmati sejumlah situs berupa candi seperti candi carik, candi Lurah, Candi Guru.

Foto: situs sejarah yang berada di jalur pendakian sarah klopo

Meski tidak ada sumber air, tapi di tiap pos sudah banyak pedagang minuman dan jajanan, sehingga tak perlu khawatir kehabisan logistik.

Secara geografis, puncak Sarah Klopo disebut sebagai anak dari Gunung Penanggungan yang berada di Provinsi Jawa Timur. Puncak ini memiliki ketinggian mencapai 1.245 Mdpl yang berdekatan dengan puncak Bayangan.

Lokasi dan Harga Tiket Puncak Sarah Klopo. Pendakian Puncak Sarah Klopo terletak di Trawas, Mojokerto yang dapat diakses melalui Jalur Penanggungan via Kedungudi dan Jolotundo, Mojokerto, Jawa Timur.

Titik awal pendakian ke Puncak Sarah Klopo berada di Pos Perizinan Desa Kedungudi. Pos tersebut digabung dengan para pengunjung yang hendak mendaki ke Gunung Penanggungan.

Bagi pendaki yang hendak berkunjung ke Puncak Sarah Klopo akan dikenai biaya sebesar Rp 15.000 dan biaya parkir sebesar Rp 10.000. Proses booking dapat dipesan secara online melalui aplikasi Tiket Pendakian.

Foto: Salah satu spot foto di puncak sarah klopo

Nantinya, pembayaran akan dilakukan secara tunai di pos perizinan. Pastikan untuk melakukan konfirmasi agar dapat memastikan jika tidak ada pendaki yang tersesat.

Untuk estimasi waktu pendakian menuju Puncak Sarah Klopo dibutuhkan total waktu diperkirakan sekitar 2-3 jam sesuai dengan ketahanan fisik dan mental pendaki.

Berikut estimasi waktu pendakian menuju Puncak Sarah Klopo berdasarkan peta pendakian:

– Pos 1 – Pos 2: 20 menit
– Pos 2 – Pos 3: 25 menit
– Pos 3 – Candi Carik: 25 menit
– Candi Carik – Candi Lurah: 10 menit
– Candi Siwa – Candi Guru: 5 menit
– Candi Guru – Puncak Sarah Klopo: 15 menit

Sepanjang jalan menuju Puncak Sarah Klopo, pendaki dapat melihat area hutan dengan beragam pemandangan tumbuhan dan pepohonan yang menjulang tinggi. Jejeran puncak gunung seperti Gunung Bekel, Gunung Penanggungan, Gunung Arjuno hingga Gunung Welirang dapat siap memanjakan mata para pendaki.

Selain menyuguhkan pemandangan yang memukau, para pendaki juga dapat menemui salah satu situs sejarah kerajaan Majapahit di setiap jalur pendakian. Disebut sebagai peninggalan Kerajaan Majapahit, tak heran apabila banyak ditemui situs candi Hindu Kuno di lerengnya.

Di sepanjang jalan menuju Puncak Sarah Klopo para pendaki akan disuguhi berbagai peninggalan sejarah Kerajaan Majapahit seperti Candi Carik, Candi Lurah, Candi Shiwa dan Candi Guru yang masih tersusun rapi meski tak lagi utuh.

Pastikan untuk selalu mempersiapkan mental dan fisik sebaik mungkin sebelum melakukan pendakian.

 

 

Exit mobile version