Rekomendasi Lomba 17 Agustusan Kekinian Dijamin Berkesan dan Meriah

 

 

 

Foto: Anak-anak sedang riang gembira mengikuti lomba Agustusan

Indonewsdaily.com, Gaya Hidup — Memasuki bulan Agustus merupakan bulan dimana perayaan Hari Kemerdekaan Indonesia.
Tiap lingkungan di seluruh Indonesia akan mengelar berbagai kegiatan untuk menyemarakan hari kemerdekan. Selain upacara bendera dan karnaval, berbagai lomba menjadi daya tarik tersendiri. Lomba 17 Agustus tidak hanya sekadar hiburan, tetapi juga menjadi ajang untuk mempererat tali persaudaraan, melatih kerja sama tim, serta menumbuhkan semangat nasionalisme.

Namun, terkadang kita bingung mencari ide lomba yang unik dan menarik. Berikut sejumlah ide lomba Agustusan yang menarik dan unik untuk membuat perayaan kemerdekaan :

Panjat pinang:
Salah satu ide lomba 17 Agustus yang nggak boleh dilewatkan adalah panjat pinang. Tetap menjadi primadona, tapi bisa ditambah variasi seperti panjat pinang bertema atau dengan hadiah yang lebih menarik. Biasanya, peserta lomba di bagi menjadi beberapa kelompok dan diminta untuk mengambil hadiah yang digantung di atas batang pinang. Jenis perlombaan ini membutuhkan kekompakan dan kerja sama yang tinggi

Balap karung:

Siapa yang nggak kenal dengan lomba balap karung? Jenis perlombaan ini sangat digemari oleh setiap kalangan. Biasanya, para peserta yang mengikuti lomba balap karung harus memasukkan tubuhnya ke dalam karung goni. Setelah itu, peserta harus berlomba untuk lebih dulu mencapai garis finish. Bahkan hingga saat ini, balap karung menjadi salah satu jenis lomba yang eksis dan digemari semua kalangan.

Makan kerupuk:

Tambahkan level kesulitan dengan menggantungkan kerupuk lebih tinggi atau menggunakan kerupuk dengan rasa yang unik.

Tarik tambang:

Selanjutnya, lomba tarik tambang yang menjadi salah satu jenis perlombaan paling populer di Indonesia. Biasanya lomba tarik tambang dilakukan bersama dengan kelompok untuk menambah keseruan, di mana masing-masing kelompok akan beradu kekuatan untuk bisa menang. Jenis lomba satu ini membutuhkan tenaga dan kekompakan saat pelaksanaannya.

Lomba tata rias.

Ide lomba selanjutnya adalah tata rias. Lomba ini bisa diikuti oleh ibu-ibu atau anak-anak remaja. Biasanya lomba ini membutuhkan dua orang pemain, salah satunya harus ada yang merias. Nah, bagi peserta yang merias ia akan ditutup matanya dengan kain, sehingga tidak bisa melihat lawannya ketika dirias. Lomba ini membutuhkan kesabaran, karena tidak bisa melihat secara detail bagaimana bentuk wajah yang dirias.

Lomba Kreatif dan Unik:

Lomba joget TikTok:
Ajak generasi muda untuk berpartisipasi dengan lomba joget TikTok bertema kemerdekaan. Saat ini pengguna TikTok juga sudah semakin merambah ke kalangan orang dewasa. Tak jarang, koreografi tarian TikTok yang sedang viral bisa dipakai sebagai ide lomba 17 Agustus. Cari gerakan yang lucu dan tidak membosankan supaya orang yang menonton juga ikut terhibur.

Lomba Nyungi Tampah
Dalam permainan ini, para peserta harus berdiri di garis start sambil membawa tampah. Tampah adalah wadah anyaman bambu bundar.

Saat lomba mulai, peserta harus berlomba ke garis finish sambil menyeimbangkan tampah agar tidak jatuh tanpa menyentuh tampah itu dengan tangan.

Lomba memukul air:
Dalam permainan ini, peserta harus memukul kantong plastik berisi air yang terikat pada seutas tali. Para peserta bersiap-siap di garis start dengan mata tertutup.

Saat lomba mulai, peserta harus berjalan lurus secepat mungkin untuk memukul kantong air. Peserta yang berhasil memecahkan kantong air akan menjadi pemenangnya.

Lomba Olahraga yang Seru:

Lomba lari kelereng:
Uji ketangkasan peserta dengan lomba ini. Jenis lomba ini sangat digemari oleh anak-anak. Biasanya peserta lomba diminta untuk memasukkan separuh gagang sendok ke dalam mulut yang ujungnya telah terisi kelereng. Lomba ini akan membutuhkan konsentrasi tinggi, karena peserta harus menjaga supaya kelereng tidak jatuh dari sendok. Jika kelereng jatuh, maka harus diulang dari garis start.

Lomba memasukkan paku ke dalam botol:
Dalam lomba memasukkan paku dalam botol, para peserta akan memakai tali di pinggang dengan paku di ujung tali. Para peserta bersiap di garis start.

Kemudian, ketika lomba mulai, peserta harus mencapai botol di garis finish secepat mungkin. Lalu, mereka harus memasukkan paku ke dalam botol tanpa menyentuh tali atau paku.

Lomba sepak bola atau voli menggunakan sarung:
Tambahkan unsur kocak pada lomba olahraga. Pada dasarnya, lomba sarung futsal memiliki aturan yang sama dengan permainan futsal biasanya. Perbedaaannya adalah lomba ini mengharuskannya pemainnya menggunakan sarung selama perlombaan untuk menambah tingkat kesulitan lomba.

Lomba sarung futsal juga mirip dengan daster futsal. Hanya berbeda dari kostum yang digunakan karena peserta lomba harus memakai daster, yang biasanya wanita gunakan saat di rumah.

Lomba memindahkan belut:

Lomba ini mengharuskan peserta untuk memindahkan belut dari satu tempat ke dalam botol. Tantangan dari lomba ini adalah belut memiliki kulit yang licin sehingga sangat sulit untuk dipindahkan.

Peserta yang dapat mengumpulkan belut tercepat dan terbanyak akan menjadi pemenangnya.

Lomba untuk Anak-anak:

Lomba mewarnai gambar pahlawan:
Ajak anak-anak untuk mengenal pahlawan nasional. Dengan lomba mewarnai sesuai dengan imajinasi masing-masing anak.

Lomba membuat prakarya dari bahan bekas:
Stimulasi kreativitas anak-anak dengan lomba prakarya dari bahan bekas. Bia menggunakan botol bekas dibuat menjadi pot bunga dengan secantik mungkin

Tips Tambahan:

Sesuaikan dengan peserta: Pilih lomba yang sesuai dengan usia dan minat peserta.
Siapkan hadiah yang menarik: Hadiah akan memotivasi peserta untuk berpartisipasi.
Buat suasana yang meriah: Hias lokasi dengan dekorasi bernuansa merah putih dan siapkan musik yang meriah.
Libatkan seluruh warga: Ajak semua warga untuk berpartisipasi, baik sebagai peserta maupun penonton.

Ide Lomba Unik Lainnya:

Lomba membuat tumpeng kreatif: Ajak ibu-ibu untuk berkreasi membuat tumpeng dengan berbagai bentuk dan hiasan.
Lomba membuat minuman tradisional: Kenalkan kembali minuman tradisional kepada generasi muda.

Exit mobile version