Foto dari jubi.co.id

Ribuan Nelayan di Kota Jayapura Terima KUSUKA

Indonewsdailycom, Papua – Sebanyak 1.329 Nelayan Kota Jayapura Papua menerima Kartu Pelaku Usaha Kelautan dan Perikanan (KUSUKA) dari data Dinas Perikanan Kota Jayapura jumlah nelayan tercatat 2.039 jiwa, sebanyak 1000 jiwa merupakan nelayan asli Papua. Dari 1000 jiwa 600 diantaranya telah mendapatkan KUSUKA.

Kepala Dinas Perikanan Kota Jayapura Matheys Sibi mengatakan, “Masih ada sekitar 700 – an lebih nelayan yang belum memiliki (terdaftar) KUSUKA karena terkendala data kependudukan seperti KTP, “katanya, Senin (24/5/21) di Jayapura.

Kartu KUSUKA menurut Matheys, merupakan identitas nelayan Kota Jayapura untuk mendapatkan perlindungan dan pemberdayaan. “Disamping sebagai perlindungan dan pemberdayaan kartu KUSUKA sebagai peningkatan kesejahteraan dalam menciptakan efektifitas dan efisiensi nelayan,” tambahnya.

Melalui kartu itu pula nelayan memiliki akses kemudahan mendapat berbagai program bantuan. Seperti dana pendidikan, pengajuan kredit di perbankan, serta bisa berfungsi sebagai kartu asuransi kecelakaan kerja.

Pihak Dinas Perikanan Kota Jayapura berharap bagi nelayan yang belum terdata penerima, untuk melapor agar data segera bisa dikirim ke pusat, selanjutnya diverifikasi sesuai KTP yang berlaku.

Data yang terverifikasi di pusat akan dikembalikan ke Pemerintah Kota Jayapura dan akan diteruskan (Kusuka) kepada nelayan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *