Sinopsis Film CODA, Kisah Perjuangan Anak dari Keluarga Tuli dalam Meraih Impiannya

Sumber foto : dok. iMDB

Indonewsdaily.com – Film CODA atau yang merupakan kependekan dari child of deaf adults adalah salah satu nomine film drama panjang terbaik dari Golden Globe Awards 2022. Berikut adalah sinopsis film CODA.

Film ini bercerita tentang sosok Ruby Rossie (Emilia Jones), seorang siswa SMA yang menjadi satu-satunya anggota keluarga yang dapat mendengar. Orang tua dengan kakak laki-lakinya dikisahkan tuli sehingga mereka berkomunikasi memakai bahasa isyarat.

Kondisi tersebut membuat Ruby harus mengurus bisnis perikanan milik keluarganya yang tengah terancam gagal. Ruby yang bercita-cita ingin menjadi penyanyi harus menghadapi dilema antara keluarga dengan impiannya pada bidang musik.

Suatu hari, Ruby ikut tergabung bersama kelompok paduan suara sekolah. Bakatnya semakin diasah oleh guru vokalnya yang bernama Mr. V. Ia kemudian dipasangkan bersama Miles (Ferdia Walsh-Peelo) pada resital paduan suara.

Tetapu, penampilan perdana mereka berjalan buruk lantaran keduanya mempersiapkan diri secara terpisah. Hal tersebut membuat Ruby turut serta mengajak Miles untuk berlatih vokal di rumahnya.

Ketika tengah berlatih, Ruby dengan Miles dikagetkan dengan ayah dan ibu Ruby yang tengah berhubungan seks. Miles kemudian mengisahkan kejadian tersebut terhadap teman-temannya di sekolah sehingga banyak orang yang membicarakan Rubby.

Sementara itu, Mr. V mendorong Ruby untuk terus mengikuti audisi Berklee College of Music. Ia juga bersedia dalam melatih Ruby secara privat.

Tetapu, Ruby yang seringkali datang terlambat lantaran sibuk mengurus bisnis keluarga akhirnya membuat Mr V merasa kesal. Ia kemudian menghukum Ruby dengan menuduh muridnya tersebut tidak peduli mengenai musik.

Ruby kemudian memutuskan untuk tidak kuliah dan akan mengurus bisnis milik keluarganya secara penuh waktu. Orang tua Ruby pun menyambut baik akan keputusan tersebut. Tetapu, saudara laki-laki Rubby menolaknya dengan alasan mereka bisa mengatasi masalah tersebut tanpa bantuan dari Ruby.

Kisah CODA adakah garapan ulang dari film Prancis bertajuk La Famille Bélier yang rilis pada tahun 2014 dan sukses pada box office di negara tersebut. Produser La Famille Bélier, yaitu Philippe Rousselet, kemudian meminta pada sutradara Sian Heder untuk membuat ulang film tersebut dalam versi Amerika.

Produksi film CODA kemudian dimulai sejak Mei 2019 serta mengambil lokasi syuting yang bertempat di Gloucester, Massachusetts. Dalam proses penggarapan film ini, Sian Hader dibantu oleh dua orang tunarungu bernama Alexandria Wailes dan Anne Tomasetti.

Film CODA kali pertama tayang pada 28 Januari 2021 lalu di Festival Film Sundance di hari pembukaan. Film ini kemudian dirilis melalui Apple TV+ pada Agustus 2021.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *