Surat Terbuka! Apa Tindakan Cepat Pemkot Malang Dalam Mengatasi Kelangkaan Oksigen?

Penulis : Danny Agung Prasetyo – Warga Kota Malang

Indonewsdaily.com, Malang- Pertanyaan terbuka ini saya tujukan kepada pemerintah Kota Malang sebagai salah satu pihak yang paling sentral perannya dalam proses pelayanan publik di Kota Malang. Termasuk perannya dalam mengatasi krisis barang dan jasa yang sangat urgen dibutuhkan warganya. Jangan sampai rakyat tidak merasakan kehadiran pemerintah di masa pandemi yang masih tinggi dan sulit ini.

Bahwa kita sama-sama tau, situasi pandemi ini sangat mempengaruhi semua sektor kehidupan. Terdapat sejumlah kendala serius yang dihadapi masyarakat bawah, yang benar-benar terjadi dan belum terlihat ada solusi dari pihak yang berkompeten.

Beberapa fakta di lapangan: Jumlah pasien Covid-19 yang masih tinggi sementara RS rujukan maupun sarana medis yang terbatas menyebabkan banyaknya warga pasien yang tidak tertampung RS, tidak dapat akses layanan medis, bahkan disaat kondisi pasien sedang darurat. Semua RS full.

Ambulans misalnya, saat ini salah satu yang paling sulit diakses karena terbatasnya armada dan tenaga. Masyarakat terpaksa merawat sendiri, dalam kondisi tidak terlalu memahami prosedur medis dalam menangani pasien kritis. Dalam situasi seperti inilah pentingnya keberadaan alat penolong darurat seperti OKSIGEN, regulator dan lainnya yang mudah digunakan untuk pasien kondisi bersaturasi rendah.

Tapi nyatanya, oksigen LANGKA pasar, di tengah-tengah jeritan warga yang kesulitan. Rakyat harus bertanya ke mana untuk mendapatkan oksigen, bagaimana solusinya, siapa yang dapat menelusuri jalur distribusinya di pasar dan siapa yang berwenang mengendalikan harganya. Apa tindakan pemkot melalui dinas terkait, saya rakyat ingin mendapat jawaban.

Juga sangat membingungkan, kenapa juga akses ambulans bisa sangat langka di kota yang memiliki APBD lebih dari Rp 2 triliun per tahun dengan silfa yang jumlah mencapai angka ratusan miliar.

Saya selaku warga Kota Malang mempertanyakan tanggung jawab Pemkot Malang dalam mengatasi situasi ini. Kami ingin tau strategi pemkot yang memiliki banyak aparatur, fasilitas dan dana yang besar. Bagaimana cara taktisnya dalam membantu warganya yang sedang terdampak krisis oksigen?

Kami sangat berharap pemkot secepatnya mengerahkan segenap upaya dalam mencari akses distribusi oksigen karena ini yang paling dibutuhkan saat ini. Saya berharap, pemkot harus MENDATA apa saja problem yang dihadapi rakyat saat ini di bawah, kaji dan ambil tindakan cepat.

Berikanlah rakyat akses informasi 24 jam. Datangkan solusi untuk menjawab jeritan rakyat yang sedang berjuang menyelamatkan jiwa dari keganasan covid-19.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *