Sutradara Film Superman, Richard Donner Meninggal Dunia

Indonewsdaily.com – Richard Donner, sutradara dari film Superman (1978) dikabarkan meninggal dunia di usianya yang ke-91 tahun. Pihak rumah produksi milik Richard Donner memberi kabar pada Senin (5/7/2021) malam waktu setempat.

Sayangnya, pihak Richard Donner tidak membagikan penyebab kematian dari sang sutradara. Istri sekaligus manajer bisnis dari perusahaannya, yaitu Lauren Schuler Donner, membenarkan tentang kabar ini tanpa memberitahukan detail kematian dari sang suami.

Sepanjang kariernya dalam industri perfilman, Richard Donner telah menelurkan banyak sekali karya populer yang kemudian menjadi hits. Salah satu diantaranya merupakan film Superman (1980) dan sederet sekuel yang diproduksi olehnya di tahun-tahun berikutnya. Beberapa tahun sebelumnya, Richard Donner sempat mengarahkan film The Omen (1976) yang menjadi titik penting dalam sejarah kariernya.

Selain menjabat sebagai sang sutradara, Richard Donner turut menjadi produser untuk film-film klasik yang dinikmati oleh anak-anak di era tahun 90-an, salah satunya seperti Free Willy. Memasuki era 2000, Donner turut andil dalam kesuksesan franchise X-Men hingga prekuelnya, yaitu X-Men Origins: Wolverine.

Karier Richard Donner pun semakin gemilang melalui produksi Lethal Weapon yang dibintangi oleh Mel Gibson dan Danny Glover. Karena produksi tersebut, dirinya menjadi salah satu sutradara dengan penghasilan jutaan dolar di box office.

Richard Donner diketahui lahir dengan nama Richard Donald Schwartzberg di Bronx, New York, Amerika Serikat. Sebelum terjun ke dunia bisnis perfilman, dia pernah menjalani masa-masa kuliahnya di NYU dan mengambil jurusan bisnis dan teater.

Donner memulai kariernya sebagai seorang aktor. Beberapa acara televisi pernah disutradarainya, termasuk diantaranya seri terkenal seperti Wanted: Dead or Alive, The Twilight Zone, The Man From U.N.C.L.E, dan juha The Fugitive.

Film-film yang diproduksinya sejak film Superman dan Lethal Weapon selalu sukses. Sebut saja seri X-Men yang pada tahun 2000 lalu yang berhasil meraup lebih dari USD 297 juta di seluruh dunia. Prekuel X-Men Origin: Wolverine bahkan mampu melampaui angka tersebut dengan menembus USD 379 juta di seluruh dunia.

Richard Donner kemudian menikah dengan istrinya, yaitu Lauren Schuler Donner pada tahun 1986. Pernikahan tersebut bertahan hingga kini, sampai akhir hidup Richard Donner.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *