Tips Menjaga Kesehatan Kulit Kala Musim Hujan

indonewsdaily.com,Malang – Memasuki musim hujan, masyarakat tidak hanya harus waspada akan timbulnya penyakit akibat genangan air, namun juga penyakit yang mengintai kesehatan kulit. Setidaknya inilah yang disampaikan sekilas oleh Dr. dr. Dhelya Widasmara, Sp.KK(K), salah satu dosen Fakultas Kedokteran Universitas Brawijaya.

Menurut Dhelya, ada tiga kunci penting dalam menjaga kesehatan kulit. “Intinya perawatan kulit dasar untuk melembabkan, melindungi dan membersihkan. Musim hujan dapat mengganggu kesehatan kulit wajah, terutama bagi kulit berminyak”terangny

Hal ini, imbuh Dhelya, karena udara lembab saat musim hujan dapat membuat wajah terlihat kusam dan timbul jerawat. “Udara dingin pada musim hujan membuat tidak merasa haus karena tidak merasa gerah, tapi penguapan pada kulit tetap terjadi”, papar Dermatologis ini.

Penyakit kulit pada musim hujan, lazimnya berupa kutu air, eksim, jamur, infeksi kuku atau gigitan serangga. Tidak hanya pada kulit wajah, penyakit ini bisa saja menyerang kulit di sekujur tubuh.

“Kalau musim hujan sendiri, mungkin akan mempengaruhi sebagian orang dengan kulit berminyak, karena biasanya suhu udara musim hujan cukup lembap. Cuaca seperti ini juga rentan bagi orang dengan riwayat alergi, akan cenderung kambuh terhadap eksim atopik, karena udara lembab dan sebaran alergen”, terang dokter di RS. Dr. Saiful Anwar ini.

Meskipun lumrah, namun Dhelya menekankan untuk tidak meremehkan kesehatan kulit. “Secara kultur sosial, perawatan kulit identik dengan perempuan. Tapi, kulit adalah organ terluar tubuh yang sangat menentukan kesan pertama. Kita bisa mengetahui umur, gaya hidup dan lainnya dari kulit. Disinilah pentingnya merawat kesehatan kulit, baik untuk perempuan maupun laki-laki”, imbuhnya.

Ia pun memberikan tips memiliki kulit sehat kala musim hujan. “Konsumsi vitamin, mineral, antioksidan, dan cairan yang cukup. Gunakan produk perawatan kulit secara rutin. Cuci wajah dengan sabun pembersih wajah dua kali setiap hari, gunakan pelembab sesuai jenis kulit dan tabir surya minimal ber-SPF 30. Olahraga yang cukup dan selalu perhatikan kebersihan”, pungkasnya (*/win)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *