Vokasi UMM Gelar Pelatihan Mikrotik Bersertifikat Internasional

Indonewsdaily.com, MALANG – Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) menggelar Pelatihan Mikrotik yang bersertifikat internasional, MikroTik Certified Network Associate (MTCNA). Gelaran yang dilangsungkan di Kapal Garden Hotel itu, mengundang pemateri dan instruktur dari Spectrum. Adapun pelatihan ini dilaksanakan secara luring pada 7-10 Juni lalu.

Iskandar Iman Soeriyanto, salah satu pemateri menjelaskan bahwa kemampuan seperti ini sangat penting, utamanya di zaman serba digital. Terlebih lagi situasi pandemi yang memaksa sebagian masyarakat untuk bekerja dari rumah.

“Banyak hal yang bergeser ke digital. Era kolaborasi seperti saat ini juga menjadikan jaringan sebagai kebutuhan yang tak terelakkan,” tegasnya.

Dr. Tulus Winarsunu, M.Si. selaku Direktur Pendidikan dan Pelatihan Vokasi UMM mengungkapkan bahwa pelatihan ini adalah salah satu langkah menyiapkan Program Studi Diploma Cyber Security and Digital Forensic di UMM. Menjalin kerja sama strategis dengan berbagai partner, salah satunya dengan Spectrum, perusahaan yang bergerak dalam bidang cyber security.

“Sebelum berdiri, kami memang sudah harus memiliki jalinan kerja sama yang baik, utamanya dengan perusahaan-perusahaan yang relevan dengan prodi terkait,” terangnya.

Tulus, menuturkan bahwa mereka sudah melakukan beberapa skema kerja sama. Sebut saja penyelenggaraan sertifikasi internasional. Begitupun dengan Spectrum kali ini, sudah ada empat skema sertifikat yang disiapkan. “Sertifikat pelatihan Mikrotik ini dikeluarkan oleh lembaga yang ada di Latvia. Jadi sudah diakui oleh dunia internasional,” terangnya.

Ia juga mengatakan jika nanti para mahasiswa Vokasi UMM lulus sertifikasi, kemungkinan besar akan ditarik menjadi instruktur di project yang sama di tempat berbeda. Menurutnya, mahasiswa vokasi tidak hanya berkuliah, saja tapi bekerja sambil kuliah. “Industri tidak hanya menjadi tempat magang, namun mereka juga memiliki komitmen untuk menerima lulusan Vokasi terkait,” pungkasnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *