Dosen FEB UNISMA Lewat Penemuaan System Blockchain Zakat, Diundang Konferensi di Brunai

Indonewsdaily.com, MALANG – Peringati Dies Natalis ke-40 Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Universitas Islam Malang (Unisma) semakin berkiprah di dunia internasional. Sebagaimana dilakukan Dosen, Harun AlRasyid PhD yang menemukan solusi inovatif manajemen zakat dengan menggunakan System Blockchain. Ketua Program Studi Islamic FEB ini pun langsung mendapat undangan Konferensi di Brunai.

Dalam presentasinya, Harun menawarkan manajemen pengelolaan zakat dengan menggunakan System Blockchain. Pasalnya perkembangan teknologi, institusi zakat dituntut untuk memiliki database yang mencakup database Muzakki dan juga Mustahik. Sehingga proses pengumpulan zakat dan penyalurannya bisa lebih kredibel, transparansi dan tepat sasaran.

“Dengan model ini, zakat bisa menjadi instrumen pendapatan negara yang berkontribusi dalam pembangunan sosial-ekonomi,” ungkapnya.

Atas temuan inovatif ini Harun mendapat undangan pada 7 Juni kemarin. Ia diundang oleh Kolej Universiti Perguruan Ugama Seri Begawan (KUPU SB) untuk mempresentasikan penelitian terkait zakat dalam Persidangan Antarabangsa Pendidikan Fiqh Al-Zakat (PAPFIZ). Acara ini merupakan rangkaian Brunei Mid-Year Conference and Exhibition 2021 (Brunei MYCE 2021). Konferensi ini merupakan kerjasama antara KUPUSB dengan Majlis Ugama Islam Brunei (MUIB) bertemakan “Memperkasa Sosio-Ekonomi Umat Islam Melalui Zakat”.

Undangan yang disebar khusus para peneliti dari beberapa negara, seperti Brunei Darussalam, Malaysia, Indonesia dan Thailand. Konferensi ini dibuka oleh Minister of Finance and Economy II Bruneri Darussalam, Dr. Awang Haji Mohd Amin Liew bin Abdullah.

Dalam sambutannya, Menteri Awang menyampaikan bahwa konferensi ini bertujuan untuk Sharing hasil penelitian. Terutama para peneliti dari empat negara terkait pengelolaan dana zakat. Sehingga dana zakat mampu berkontribusi dalam menciptakan kesejahteraan dalam masyarakat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *