Wajib Dicoba, Manfaat Minum Segelas Air Hangat Sebelum Tidur

 

Foto: Ilustrasi

Indonewsdaily.com, Tips Kesehatan — Minum segelas air hangat sebelum tidur ternyata menyimpan manfaat baik bagi kesehatan tubuh kita.

Air hangat memiliki peran penting dalam kelancaran semua fungsi tubuh. Kebanyakan orang mungkin malas minum air sebelum tidur, karena tidak ingin bolak-balik ke toilet. Namun, ternyata minum segelas air putih hangat bisa mendatangkan banyak manfaat baik bagi kesehatan tubuh.

Salah satunya adalah Air hangat tidak hanya menghidrasi tubuh, tetapi juga memberikan efek relaksasi yang membantu kita tidur lebih nyenyak. Ketahui berbagai manfaat minum air hangat sebelum tidur berikut beberapa manfaatnya:

Beberapa manfaat minum air hangat sebelum tidur antara lain:

Menggantikan cairan tubuh:
Mungkin banyak yang memilih minum cairan isotonik untuk menggantikan cairan tubuh. Padahal, ada cara yang mudah, yaitu minum air hangat sebelum tidur. Agar manfaatnya lebih maksimal, kamu juga bisa minum segelas air hangat saat bangun tidur untuk menggantikan cairan tubuh yang hilang selama tidur.

Melancarkan pencernaan:
Apakah kamu sedang mengalami susah buang air besar atau sembelit? Cobalah cara alami, dengan minum air putih hangat sebelum tidur. Air hangat mampu melancarkan pencernaan, karena bisa bantu melarutkan atau memecah partikel makanan. Hal ini akan membuat pergerakan usus menjadi lancar, dan sembelitmu pun teratasi.

Meredakan Flu dan Batuk:
Ketika sedang sakit, tubuh biasanya menjadi tidak nyaman dan bahkan akan susah tidur. Untuk mengatasinya, cobalah untuk minum segelas air hangat sebelum tidur malam untuk membantu legakan hidung dan tenggorokan dan juga membantu menekan dahak yang sangat mengganggu. Pastikan juga posisi tidur kamu sudah nyaman, dengan posisi kepala yang lebih tinggi.

Membantu detoksifikasi tubuh:
Berbagai jenis makanan yang dikonsumsi dan gaya hidup yang tidak sehat dapat membuat tubuh menyimpan banyak racun dan minum air hangat secara teratur dapat membantu tubuh meningkatkan fungsi ginjal. Mengonsumsi air hangat mampu membuat tubuh menghasilkan keringat dan racun di tubuh pun akan dikeluarkan lewat keringat itu.

Meredakan nyeri otot dan Pegal:
Dengan konsumsi air hangat sebelum tidur, dapat mengatasi nyeri dan pegal-pegal pada tubuh, yang bisa diakibatkan dari aktivitas sehari-hari. Dengan begitu, maka tubuh akan lebih relaks dan tidur semakin berkualitas.

Menurunkan Berat Badan
Minum air hangat sebelum tidur lainnya adalah menurunkan berat badan dan melangsingkan tubuh. Hal ini karena air hangat mampu membantu tubuh untuk mencerna makanan dengan lebih cepat. Kalau kamu sedang diet, kebiasaan ini bisa dicoba secara rutin setiap sebelum tidur malam.

Meskipun manfaat minum air hangat sebelum tidur baik untuk menurunkan berat badan, bukan berarti tidak perlu memperhatikan asupan makanan yang dikonsumsi sehari-hari. Tetap jaga pola makan dan imbangi dengan olahraga teratur.

Menjaga Kesehatan Kulit
Dengan manfaat relaksasi dari air hangat, ternyata bisa menimbulkan manfaat yang sangat baik bagi kesehatan kulit dan penampilan. Selain itu, kemampuannya dalam mengeluarkan racun dari dalam tubuh juga sangat baik.

Kemudian, manfaat minum air hangat sebelum tidur juga bisa memperbaiki kondisi sel-sel kulit, sehingga elastisitas kulit dapat selalu terjaga. Hal ini tentu menjadi dambaan banyak orang yang ingin selalu terlihat awet muda.

Namun, semua manfaat minum air putih hangat sebelum tidur itu bukanlah satu-satunya kunci. Untuk bisa sehat dan bugar, kamu juga perlu mengimbanginya dengan menerapkan gaya hidup sehat lainnya, seperti pola makan sehat, olahraga rutin, dan melakukan pemeriksaan kesehatan secara rutin, agar bisa tahu lebih cepat jika ada masalah kesehatan dalam tubuhmu.

Tips:

Suhu yang tepat: Pilih suhu air hangat yang nyaman untuk diminum, tidak terlalu panas.
Jangan berlebihan: Minumlah secukupnya agar tidak sering bangun di malam hari untuk buang air kecil.
Tambahan manfaat: Anda bisa menambahkan irisan lemon atau madu ke dalam air hangat untuk memberikan rasa yang lebih enak dan manfaat tambahan.
Kesimpulan:

Minum air hangat sebelum tidur adalah kebiasaan sederhana yang dapat memberikan banyak manfaat bagi kesehatan tubuh. Jadi, mulai sekarang biasakanlah untuk selalu menyediakan segelas air hangat di samping tempat tidur.

 

Exit mobile version