Bapenda Kota Malang Keliling Kelurahan, Untuk Mempermudah Masyarakat Dalam Membayar Pajak

Kegiatan Bapenda Kota Malang Sambang Kelurahan

 

indonewsdaily.com, Malang-Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Kota Malang mengadakan layanan jemput bola ke Kelurahan, kali ini dilakukan pada tahap di Kelurahan Bandulan, Kecamatan Sukun, Kota Malang bertajuk Sambang Kelurahan untuk mempermudah masyarakat Kota Malang dalam membayar pajak.

Kasubbid Pajak Daerah I Bapenda Kota Malang, Waluyo Safari mengatakan Sambang Kelurahan Bandulan ini merupakan titik ke 8 dari total 18 titik kelurahan yang tersebar di Kota Malang dan dimulai sejak 18 April 2024 lalu.

“Program Sambang Kelurahan ini sangat berpengaruh pada pendapatan pajak Kota Malang, khususnya Pajak Bumi dan Bangunan (PBB), karena disini lebih banyak yang bayar PBB. Tak hanya untuk membayarkan PBB, sebenarnya di program ini kita juga membuka layanan untuk melakukan banyak hal seperti, pembayaran pajak daerah lainnya, Mutasi PBB, Balik Nama PBB, Pecah PBB, Penerbitan PBB Baru, dan layanan informasi terkait BPHTB,” ungkap, (23/04/2024).

Waluyo juga mengapresiasi tingginya antusiasme warga Keluragan Bandulan yang datang ke kantor kelurahan untuk menyelesaikan urusan pajak.

“Hari ini antusias masyarakat terlihat bagus sekali. Mereka (Wajib Pajak) mau datang mengurus pajaknya sendiri,” ungkapnya.

Selanjutnya Ia menambahkan bahwa Program ini sangat membantu masyarakat dalam menyelesaikan urusan pajaknya.

“Karena biasanya masyarakat sedikit malas jika membayar pajak ke Bank Jatim ataupun kantor Bapenda dengan alasan jauh atau antre,” tambahnya.

Dikatakan Waluyo, potensi pendapatan pajak dari program Sambang Kelurahan ini bergantung pada lokasi setiap kelurahan. Untuk Sambang Kelurahan Bandulan, lanjut Waluyo, Bapenda menargetkan pendapatan pajak sekitar 30 juta.

“Setiap kelurahan target pendapatannya berbeda-beda. Untuk di Kelurahan Bandulan ini tadi sekitar 19 sampai 20 juta, tapi hasil pastinya masih menunggu penghitungan selesai. Ini lumayan bagus, sudah mendekati target,” ujarnya.

Salah satu warga Kelurahan Bandulan, Bambang Tri mengapresiasi program yang diadakan Bapenda Kota Malang untuk terjun langsung ke masyarakat. Menurutnya, kegiatan ini sangat membantu para masyarakat dalam segi waktu maupun jarak.

“Terima Kasih saya ucapkan untuk Pemerintah Kota Malang. Melalui program Sambang Kelurahan yang diadakan Bapenda Kota Malang ini, masyarakat tidak perlu jauh-jauh untuk datang ke kantor Bapenda ataupun Bank untuk membayarkan pajak. Jadi, untuk kami hal ini sangat menyingkat waktu dan tidak meninggalkan pekerjaan yang lama,” ujarnya (windu)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *