DARI, OLEH DAN UNTUK AREK TUGU

Event Tugu Live 2.

Indonewsdaily.com, Kota Malang – Tugu Live 2 merupakan sebuah momentum tepat yang menjadi langkah awal bagi Arek Tugu ’88 yang bertujuan untuk merawat kebersamaan dan kerukunan antar Alumni SMAN di kompleks Tugu yang telah lama terjalin dalam bentuk pertunjukan musik. Pertunjukan musik memang kerap dipandang sebagai agenda acara yang relatif lebih bisa diterima dalam bahasa pergaulan, seperti ungkapan lama yang sering kita dengar, “Musik adalah bahasa yang universal.”

Boleh dibilang, Tugu Live 2 adalah “ekspresi dari, oleh dan untuk Arek Tugu”. Agenda dengan tema Playing For Togetherness yang mudah-mudahan menjadi agenda berkelanjutan dan menginspirasi bagi lingkungan terutama bagi Generasi Arek Tugu di masa akan datang. Meski berbeda sekolah di kompleks Tugu, kebersamaan antar alumni bahkan antar pelajar, amat layak untuk dijaga seperti yang ada dalam lirik lagu Playing For Togetherness:

“…Kita adalah kita hari ini dengan masing-masing pencapaian
Kita ada karena berbeda
Kita ada karena bersama
Kita adalah kita hari ini…”

Bukan persoalan yang mudah bagi Arek Tugu 88 yang semuanya berusia lebih dari setengah abad untuk menghimpun para alumni dengan segala macam karakter, minat dan masing-masing persepsinya, kemudian menggelar suatu agenda bersama dalam sebuah pertunjukan. Teringat ucapan seorang sahabat Arek Tugu ’88 yang juga seorang EO kawakan, Catur: “Setiap even mempunyai masalah dan tantangan tersendiri.”

Saling mengerti dan saling melengkapi disertai kreativitas adalah jalan indah menutup ketidakmampuan atau bahkan ketidakmungkinan. “When we stand together, anything is possible.” Kita tahu, banyak peristiwa besar terjadi yang awalnya dipandang sebagai sesuatu yang tidak mungkin. Tentang kreativitas, menarik juga untuk mengutip sepenggal ucapan Ben Okri, penulis dan penyair asal Nigeria, “… kreativitas adalah seni dari segala ketidakmungkinan.”

Mungkin juga, suatu saat nanti, Tugu Live yang diinisiasi oleh Arek Tugu ini menjadi agenda bersama yang lebih besar cakupannya, semacam Festival Seni dengan beragam disiplin seni yang diselenggarakan beberapa hari di tempat yang luas dan melibatkan lebih banyak peserta.

Demikianlah, seperti kita pahami, tak ada perjalanan hebat tanpa satu langkah awal. Dan saat ini adalah saatnya, momentumnya.

 

Salam baik dan sehat selalu,
Arek Tugu ’88, 01 Februari 2023

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *