Keluarga Mahasiswa Diponegoro Temanggung Gelar Creation untuk Implementasikan Tri Dharma Perguruan Tinggi

Keluarga Mahasiswa Diponegoro Temanggung (Kamadita) Gelar Creation.

Indonewsdaily.com, Temanggung – Keluarga Mahasiswa Diponegoro Temanggung (Kamadita) gelar care and action (creation) sebagai bentuk pengabdian mahasiswa kepada masyarakat. Kegiatan ini dilaksanakan di Dusun Kenteng, Kentensari, Candiroto, Temanggung.

Dalam kegiatan yang dihadiri juga oleh Kepala Desa Kentengsari, Kapolsek Candiroto, dan ratusan masyarakat ini dimeriahkan oleh dengan berbagai macam kegiatan seperti pendampingan pendidikan bagi siswa sekolah dasar, pelatihan ecobrik, jalan sehat, penanama pohon dan gelar budaya yang merupakan wujud kepedulian Kamadita terhadap lingkungan, pendidikan, ekonomi dan kesehatan.

Koordinator acara, Dhea Wuriyani menjelaskan bahwa kegiatan ini selain menjadi ajang mempererat tali persaudaraan antar anggota juga sebagai wujud kepedulian terhadap tempat dimana mereka lahir dan besar yaitu Kabupaten Temanggung.

“Selain memang tali persaudaraan yang hendak kami rajut, ada hal-hal lain yang tentunya menjadi tujuan Kamadita creation ini, seperti meningkatkan pendidikan dan keterampilan masyarakat agar menjadi sebuah nilai tambah serta nilai tawar yang tinggi di mata khalayak,” tambahnya.

Selain itu, Dhea melanjutkan tujuan dari kegiatan ini juga memberikan wadah untuk menggali potensi potensi yang ada di kabupaten Temanggung, potensi budaya, wisata, edukasi, pertanian dan sejenisnya terutama di Kentengsari ini, namun itu semua juga tidak lepas dari tujuan utama kami adalah pengamalan Tri Dharma Perguruan tinggi yakni pengabdian kepada masyarakat.

Kegiatan yang berlangsung selama tiga hari ini dibuka langsung oleh Kepala Desa Kentengsari, Nugroho Yuni Trapsilo, S.T. yang dalam sambutnya memberikan apresiasi bagi Kamadita yang sudah memberikan kesempatan untuk kolaborasi demi kemajuan desanya.

“Selamat datang mas dan mba di desa kami. kami sangat mendukung adanya kegiatan ini, monggo dilaksanakan dengan baik, dimaksimalkan, dioptimalkan segala potensi yang ada di desa ini, mengingat hari ini peningkatan kualitas SDM menjadi sebuah hal yang wajib dilakukan oleh seluruh stakeholder dari tingkatan bawah, artinya kami di desa memiliki wewenang dan tanggungjawab penuh untuk melakukan pembangunan dan peningkatan SDM.” Ujarnya pada Sabtu (28/1) pagi.

Sementara itu, Hanif anggota Kamadita berharap semua program yang terlaksana dapat terus berlanjut pasca acara ini, selain itu program ini nantinya memiliki manfaat yang dapat dirasakan masyarakat secara luas.

“Kami berharap kegiatan ini dapat memberi manfaat kepada masyarakat pasca event ini di gelar, jadi tidak hanya ketika acara saja tapi terus berkelanjutan karena masing-masing program mempunyai manfaat tersendiri dibidangnya,” harapnya.

Menurut Hanif kegiatan ini bisa memberikan manfaat karena dalam kegiatan penanaman pohon pun memberikan manfaat dalam hal konservasi lingkungan. Dalam kegiatan gelar budaya pun dapat mengenalkan sejak dini berbagai budaya lokal kepada generasi muda yang sudah kehilangan nafsu terhadap budaya budaya warisan nenek moyang kita.

“Jadi kami dukung jika kegiatan-kegiatan seperti ini dilaksanakan berkelanjutkan, karena memberikan implikasi langsung terhadap masyarakat di Kabupaten Temanggung,” tutupnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *