DPD KNPI Trenggalek melaksanakan Buka Bersama Pengurus dan Penyaluran Zakat

Penyerahan Zakat oleh DPD KNPI Trenggalek kepada salah satu warga.

Indonewsdaily.com, Trenggalek – DPD KNPI Trenggalek melaksanakan buka bersama Pengurus dan sekaligus membantu penyaluran zakat fitrah dilingkungan Masjid Nururrohman Desa Prambon Kecamatan Tugu Kabupaten Trenggalek, Sabtu (30/04/2022).

Pada bulan Ramadhan 1443 Hijriyah merupakan kali pertama bagi DPD KNPI Trenggalek melaksanakan kegiatan kemasyarakatan berupa menerima pengumpulan zakat sekaligus penyaluran zakat yang diperoleh dari organisasi, instansi dan perorangan.

Menurut Muklisin, selaku Sekretaris KNPI Trenggalek, dari zakat fitrah yang berhasil dikumpulkan, disalurkan kepada yang berhak menerimanya sesuai ketentuan dari Agama Islam, yaitu berdasarkan surat At-Taubah ayat 60: 1.Fakir; Mereka yang hampir tidak memiliki apa-apa sehingga tidak mampu memenuhi kebutuhan pokok hidup.2.Miskin; Mereka yang memiliki harta namun tidak cukup untuk memenuhi kebutuhan dasar untuk hidup. 3.Amil; Mereka yang mengumpulkan dan mendistribusikan zakat.4.Mu’allaf; Mereka yang baru masuk Islam dan membutuhkan bantuan untuk menguatkan dalam tauhid dan syariah.5.Hamba sahaya; Budak yang ingin memerdekakan dirinya.6.Gharimin; Mereka yang berhutang untuk kebutuhan hidup dalam mempertahankan jiwa dan izzahnya.7.Fisabilillah; Mereka yang berjuang di jalan Allah dalam bentuk kegiatan dakwah, jihad dan sebagainya.8.Ibnus Sabil; Mereka yang kehabisan biaya di perjalanan dalam ketaatan kepada Allah.

“Program Ramadhan ini bentuk kepedulian kita sebagai pemuda yang patuh dan taat pada agama serta kepada tuhan yang maha esa, yaitu Allah SWT,” terang Muklis.

Menurut muklis, sebelumnya sempat diwacanakan untuk berbagi takjil ditengah kota Trenggalek, namun kegiatan tersebut sudah banyak yang melakukannya, sehingga disepakati untuk program zakat fitrah pada bulan suci Ramadhan kali ini.

Kegiatan buka bersama dilakukan untuk mempererat tali silaturahim antar pengurus, sedangkan kegiatan penyaluran zakat merupakan agenda kemasyarakatan sebagai bentuk kepedulian kepada sesama.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *