Eddy Paripurna Dorong Orang Tua Waspadai Anak-anak dalam Bermedsos

Indonewsdaily.com, Probolinggo – Anggota Fraksi PDI Perjuangan DRPD Jawa Timur, Eddy Paripurna mengajak masyarakat Kota Probolinggo perkuat wawasan kebangsaan.Salah satu hal yang harus diwaspadai adalah bahaya teknologi dan media sosial yang bisa berdampak pada anak-anak.

Hal itu, dilakukan Eddy sapaan akrabnya pada Minggu, (17/07/2022) di halaman cafe NKRI, Kanigaran. Puluhan masyarakat dihadirkan sosialisasi wawasan kebangsaan yang juga dihadiri Ketua DPC PDI Perjuangan Kota Probolinggo, Haris Nasution bersama jajaran pengurus.

“Wawasan kebangsaan merupakan cara pandang terhadap negara lain. Dimana bangsa Indonesia, diantara ratusan juta penduduk dari Sabang sampai Merauke, merupakan negara dengan dasar negara yg sangat kuat,” jelas Wakabid Pangan, Pertanian, Kehutanan dan Lingkungan Hidup DPD PDI Perjuangan Jawa Timur itu.

Lanjutnya, Pancasila sebagai dasar negara merupakan hasil rumusan semua elemen bangsa. Para pendahulu kita bersatu, memikirkan Bangsa agar kokoh dan kuat.

“Saat ini memang tidak ada peperangan di Indonesia, namun ada penjajahan gaya baru yakni canggihnya teknologi dan bebasnya sosial media. Ini yang harus diwaspadai khususnya anak-anak kita,” ucap Eddy.

Anak-anak dinilai punya memori yang kuat namun minum filter. Sehingga, peran orang tua harus ditingkatkan khususnya dalam bentuk pengawasan.

“Anak-anak tanpa teknologi tidak bisa, namun yang kita tekankan adalah kewaspadaan. Jangan sampai, anak-anak kita salah menggunakan teknologi yang justru dampaknya merugikan kita semua, sehingga di momentum ini harus dimanfaatkan,” tegasnya.

Sementara itu, Ketua DPC PDI Perjuangan Kota Probolinggo yang juga sebagai narasumber Haris Nasution mengatakan, wawasan kebangsaan begitu penting. Sebab, ada upaya berbagai pihak untuk merusak pilar-pilar kebangsaan.

“Dari radikalisme, ujaran kebencian hingga berita bohong ini bentuk pengkerdilan terhadap wawasan kebangsaan. Sehingga, ini momentum yang pas bagi kita semua untuk waspada,” jelas Wakil Ketua DPRD Kota Probolinggo ini.

Pihaknya berpesan, agar masyarakat khususnya RT RW ikut mengawal dan mengawasi agar praktik pengkerdilan terhadap pilar kebangsaan bisa diminimalisir. Sehingga, Pancasila, NKRI, UUD 1945 dan Bhineka Tunggal Ika senantiasa terjaga.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *