Elok Hanifah Dorong Perempuan Makin Aktif Terlibat dalam Dunia Politik

Elok Hanifah, Wakabid Pangan Pertanian, Kehutanan, Lingkungan Hidup, Kelautan dan Perikanan DPC Kota Probolinggo saat mengikuti pembekalan Pendidikan Kader Perempuan.

Indonewsdaily.com, Surabaya – Upaya optimalisasi guna mendorong terciptanya kepemimpinan dari sektor perempuan, terus dilakukan PDI Perjuangan. Salah satunya, melalui pembekalan dalam Pendidikan Kader Perempuan Tingkat Nasional (PKPN) 2023 di Sekolah Partai.

Digelar sejak Kamis (23/02/2023) di Sekolah Partai, Lenteng Agung, Jakarta salah satu peserta diikuti oleh kader banteng Kota Probolinggo. Ialah Elok Hanifah, yang merupakan Wakabid Pangan, Pertanian, Kehutanan, Lingkungan Hidup, Kelautan dan Perikanan DPC Kota Probolinggo.

Elok sapaan akrabnya, mengikuti pelatihan secara online di Kantor DPD PDI Perjuangan Jatim, Surabaya. Kader yang telah mengikuti diklat Madya ini mengaku senang bisa menghadiri pembekalan dalam Pendidikan Kader Perempuan Tingkat Nasional (PKPN).

Elok tak sendiri, ia bertiga bersama kader perempuan juga dari Banyuwangi dan Nganjuk. Hanya ada 3 kader perempuan di Jatim yang mengikuti.

“Tentunya kesannya sangat senang dan bangga sekali karena dari Jawa Timur hanya 3 orang saja yang berangkat dan ditugaskan mengikuti pendidikan kader perempuan tingkat nasional tahun 2023 ini,” jelas Elok Minggu, (26/02/2023).

Ia menilai, banyak materi yang ia dapatkan terutama tentang kesetaraan gender kaitannya dengan leadership dan kepemimpinan.

“Dalam konteks kepemimpinan, sejatinya perempuan dan laki-laki memiliki peran yang sama (equal),”tegasnya.

Sevara kodrati, peran perempuan diakui berkutat dengan mengandung, melahirkan dan menyusui. Namun dibalik itu, juga ada peran diluar itu.

“Perempuan juga memiliki peran penting termasuk di politik karena untuk melahirkan kebijakan politik yang menyangkut berbangsa dan bernegara yang di dalamnya ada peran perempuan,” tambah Elok.

Atas hal itu, itu ia mendorong agar perempuan makin aktif dalam dunia politik. Sebab, perempuan memiliki peran yang sama dalam menentukan policy atau kebijakan.

Besok, pembekalan dalam Pendidikan Kader Perempuan Tingkat Nasional (PKPN) selesai. Elok pun mengaku, siap mengimplementasikan peran perempuan lebih dalam terutama sebagai kader PDI Perjuangan.

“Tentunya harus kita jalankan usai pembekalan ini, sebagai bagian dari upaya sebagaimana yang dikatakan Bung Karno yaitu Wanita adalah tiang negara, apabila dia baik maka baiklah negara, dan apabila dia rusak maka rusaklah negara itu.” pungkasnya.

Diketahui pembekalan dalam Pendidikan Kader Perempuan Tingkat Nasional (PKPN) 2023 ini digelar secara hybrid pada 23-26 Februari 2023 ini diikuti 100 peserta.

Sementara peserta yang mengikuti secara online ada 2.603 kader perempuan dari DPD dan DPC seluruh Indonesia.

Pembekalan juga dihadiri Ibu Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri yang hadir secara langsung membuka dan memberikan arahan dalam kegiatan tersebut.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *