Festival Sahur-Sahur Ke-20, Dewan Pendiri Gemawan Ajak Stakeholder Perluas Kolaborasi Pembangunan di Mempawah

Foto Bersama Rombongan Wakil Bupati dan Wakapolres Kabupaten Mempawah saat berkunjung ke Stand Produk Lembaga Gemawan. Sabtu, (09/04/2023).

Indonewsdaily.com, Mempawah – Ikutnya sejumlah lembaga sosial dan pemberdayaan masyarakat dalam Parade Festifal Sahur-Sahur Ke-20 di Kabupaten Mempawah tahun ini semakin meriah.

Festival tahunan yang menyuguhkan penampilan-penampilan apik para peserta dari berbagai kelompok dan jejeran stand pertokoan semakin menarik minat masyarakat dan stackholder di Kabupaten Mempawah dengan ikutnya Lembaga Swadaya dan Mandiri (Gemawan) dalam festifal tersebut.

Antara lain sejumlah tokoh yang mengunjungi stand produk Lembaga Gemawan yakni Muda Mahendrawan, Bupati Kabupaten Kubu Raya dan Mat Pagi, Wakil Bupati Mempawah beserta Wakalpolres Kabupaten Mempawah. Sabtu (08/04/2023).

“Setelah dikunjungi Bupati Kab. Kubu Raya, Muda Mahendrawan yang hadir di event Festival Sahur-Sahur ke-20 saat malam semifinal yang ke-3, stand produk Gemawan kembali dikunjungi Wakil Bupati Mempawah, Wakapolres Mempawah, Ketua Galaherang Kreasindo, beserta rombongan pada Malam Puncak Festival Sahur-Sahur ke-20 Tahun 2023.” Ujar Lani Ardiansyah, salah satu staff lembaga Gemawan.

Tak hanya itu, Mat Pagi Wakil Bupati Kabupaten Mempawah tersebut menyampaikan apresiasi atas upaya Gemawan mengemas produk pangan lokal untuk meningkatkan pendapatan ekonomi kelompok masyarakat.

“Tentu saja Pemerintah Kabupaten Mempawah mendukung upaya ini,” ucapnya.

“Semoga program-program ini berkelanjutan dan dapat meningkatkan ekonomi masyarakat terutama ekonomi masyarakat Kabupaten Mempawah, serta tentunya dapat merubah dan menopang kebutuhan-kebutuhan masyarakat selama bulan suci Ramadhan dalam menghadapi hari raya Idul Fitri,” katanya lagi.

“Kami ucapkan kepada Perkumpulan Gemawan, teruslah berjuang untuk mendampingi kelompok-kelompok yang ada di desa lewat program-programnya, terutama di desa yang ada di Kabupaten Mempawah”, ucap Wabup Muhammad Pagi.

Kunjungan sejumlah tokoh Stackholder dan rombongan Wakil Bupati Kab. Mempawah tersebut mendapat respon positif dari Dewan Pengurus lembaga Gemawan,

Hermawansyah, Dewan Pengurus Gemawan mengatakan saat ini pemerintah di setiap jenjang harus memperluas ruang kolaborasi dengan multi stakeholder, termasuk NGO.

“Dengan kolaborasi, spektrum kerja akan semakin panjang, daya jangkau semakin besar, dampaknya pun akan teramplifikasi, sehingga mendorong akselerasi capaian pembangunan,” jelas pria yang akrab disapa Wawan.

“Kita sudah tidak bisa kerja sendiri, apalagi merasa benar sendiri. Saatnya bersinergi, berkolaborasi, dan berintegrasi agar gerakan yang diciptakan harmonis dan selaras,” pesan pria kelahiran Desa Sungai Bakau Kecil.

Wawan yang juga Alumni SMA Negeri 1 Mempawah ini sempat diminta panitia untuk naik ke atas pentas. Ia diminta menjelaskan sejarah singkat tentang Gemawan serta berbagai aktivitasnya di Kalimantan Barat dan Kabupaten Mempawah.

“Kami fokus pada pemberdayaan dan mendorong kebijakan pemerintah yang berpihak pada kepentingan masyarakat,” jelasnya.

Mantan Aktivis Mahasiswa 98 ini juga memaparkan Gemawan melakukan berbagai kegiatan di Kabupaten Mempawah, seperti pendampingan desa, pendidikan dan pelatihan untuk petani, kelompok ibu-ibu, serta anak-anak muda.

“Kami melatih anak-anak muda dalam Social Inovator Gemawan (Sigma),” tambah mantan Ketua GMNI Pontianak 1999-2021 ini.

“Baru-baru ini kami menanam mangrove di Desa Sungai Bakau Kecil, melibatkan Lantamal XII/Tpr, KPH Mempawah dan lain-lain. Bersama KPH Wilayah Mempawah, kami juga mengajak masyarakat petani untuk menanam berbagai tanaman buah seperti durian, sawo dan lain-lain di Desa Peniti Besar Kecamatan Segedong,” Tutup Wawan dengan semangat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *