Gandeng KPH, PA GMNI Sintang lakukan penghijauan Lingkungan di Kelurahan Penyumbung Tengah

Indonewsdaily.com, Sintang – Dewan Pengurus Cabang Persatuan Alumni Gerakan Masiswa Nasional Indonesia (DPC PA GMNI) Kabupaten Sintang gelar kegiatan penghijauan lingkungan pemukiman dan bantaran sungai kapuas di Kelurahan Penyumbung Tengah Kabupaten Sintang. Selasa, (12/7/2022).

Penghijauan lahan melalui penanaman dan pembagian bibit produktif (Bitpro) tersebut diselenggarakan DPC PA GMNI bersama warga Keluruhan Penyumbung Tengah Kabupaten Sintang.

Ramadhan, Ketua DPC PA GMNI Sintang mengatakan, sebanyak 500 bibit pohon tanaman produktif yang di peroleh PA GMNI dari Kesatuan Pengelola Hutan (KPH) Sintang Utara, untuk mendukung kegiatan penghijauan lingkungan dan wilayah aliran sungai kapuas di Kelurahan Penyumbung Tengah, Kabupaten Sintang.

“KPH Sintang Utara menyerahkan bantuan 500 batang bibit tanaman produktif seperti durian, mangga rambutan dan tanaman keras lainnya untuk mendukung kegiatan penghijauan DPC PA GMNI Sintang.” Ujarnya.

Ia menjelaskan, bibit tersebut ia bagikan kepada warga di Kelurahan Penyumbung Tengah Kabupaten Sintang.

“Bibit yang diperoleh PA GMNI Sintang juga kami bagikan kepada warga Kelurahan Penyumbung Tengah”.

Ia mengatakan, bibit yang diberikan kepada warga tersebut dapat ditanam warga di lahan pekarangan rumah atau wilayah bantaran sungai kapuas.

“Setiap 1 kepala keluarga kami berikan 4 batang bibit agar ditanam warga dilahan pekaran rumah atau di bantaran sungai kapuas.” Ujarnya.

Menyambut baik kegiatan penghijauan lingkungan, Rahmat salah seorang warga sekitar mengapresiasi kegiatan penghijauan yang dilakukan DPC PA GMNI Kabupaten Sintang di lingkunganya tersebut.

Ia mengatakan kegiatan ini bermanfaat terhadap lingkungan warga Kelurahan Penyumbung Tengah.

“Kegiatan ini sangat bermanfaat untuk lingkungan sekitar pemukiman kami”. Ujarnya.

Ia mengatakan kegiatan penghijauan di lingkungannya tersebut diharapkan dapat mencegah meluapnya air sungai kapuas ke pemukiman warga saat musim hujan.

“Bibit yang diberikan nantinya akan kami tanam di pekarangan rumah dan pinggir sungai biar air sungai tak meluap yang menyebabkan banjir di pemukiman kami warga keluruhan penyumbung, Kabupaten Sintang”. Ujarnya.

Penanaman dan penyerahan bibit oleh perwakilan KPH Sintang Utara dan PA GMNI kepada warga di Kelurahan Penyumbung Tengah Kabupaten Sintang, menjadi simbol dilakukannnya kegiatan penghijauan lingkungan di Kelurahan Penyumbung, Kabupaten Sintang.

Bung Adhan sapaan akrab Ketua DPC PA GMNI Sintang berharap kerja sama KPH Sintang Utara dan PA GMNI dapat terus berlanjut untuk kegiatan penghijauan di wilayah Kabupaten Sintang.

“DPC PA GMNI Sintang berharap kegiatan penghijauan ini tak hanya dilakukan di Kelurahan Penyumbung ini, Kami berharap kerja sama PA GMNI dan KPH Sintang Utara dapat terus terjalin untuk kegiatan penghijauan lingkungan di wilayah desa atau kelurahan lain di Kabupaten Sintang”. Pungkasnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *