Gelar Musrenbang RKPD 2025 untuk Kemajuan dan Keberlanjutan Kota Mojokerto

 

Foto: Pj Walikota Mojokerto Ali Kuncoro saat membuka Musrenbang RKPD 2025.

Indonewsdaily.com, Mojokerto — Pemerintah Kota Mojokerto melalui Bappedalitbang menggelar Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) tingkat Kota Mojokerto tahun 2025. Bertempat di Sabha Mandala Madya Pemkot Mojokerto, Selasa (19/3/2024).

Musrenbang diselenggarakan guna, untuk mensinkronkan dan menyelaraskan prioritas dan sasaran pembangunan Kota Mojokerto dengan arah kebaijakan prioritas dan sasaran pembangunan Provinsi Jawa Timur dan nasional. Musrenbang ini digelar dalam rangka bersinergi dan berkolaborasi untuk bersama-sama mencurahkan ide dan gagasan untuk membangun Kota Mojokerto mendatang.

“Yang kedua, melakukan klarifikasi terhadap usulan yang telah disampaikan masyarakat kepada pemerintah Kota Mojokerto pada Musrenbang sebelumnya, yaitu Musrenbang kelurahan dan kecamatan serta musrenbang tematik,” kata Sekretaris Daerah Kota Mojokerto Gaguk Tri Prasetyo.

Selanjutnya lanjut Gaguk, Musrenbang diselengarakan untuk melakukan penajaman terhadap visi misi arah kebijakan serta sasaran pokok RPJPD. Dan yang ke-4 adalah untuk menyepakati tema dan Prioritas pembangunan daerah.

“Adapun proses penyusunan dokumen perencanaan ini telah melalui beberapa tahap yang telah kami lalui,” ujarnya.

Musrenbang kali ini memang dihadiri oleh pihak dari lintas sektor, baik stakeholder maupun masyarakat. Dari sektor pemerintahan, terdapat Kepala Bakorwil Bojonegoro mewakili Bappedalitbang Jatim, Forkopimda Kota Mojokerto, asisten, staf ahli, kepala OPD, camat, kepala sejumlah instansi vertikal di lingkungan Pemkot Mojokerto. Serta perwakilan Bappedalitbang dari Kabupaten Mojokerto, Kabupaten Jombang, dan Kabupaten Sidoarjo.

Selain itu, terdapat dari perwakilan akademisi, komunitas disabilitas, organisasi keagamaan, organisasi kepemudaan, forum anak, dan organisasi masyarakat lainnya di lingkungan Kota Mojokerto.

Sementara itu, Pj Wali Kota Mojokerto Muhammad Ali Kuncoro menyampaikan bahwa Musrenbang adalah sebuah langkah strategis untuk kemajuan kota dan masyarakat kedepannya.

“Kalau istilah saya making future, better together. Jadi, membikin masa depan, kita rancang sekarang, kita nanavigasi. Dan kita harus bersama-sama. Konteksnya sudah jelas, kata ‘maju’ dan ‘beberkelanjutan’. Jadi, tidak hanya melanjutkan tapi berkelanjutan,” ujarnya.

Lebih lanjut Mas Pj sapaan Ali Kuncoro ini menyampaikan, visi 2045 yang akan diterapkan oleh Kota Mojokerto, yakni Mojokerto Jaya 2045.

“Saya suka sekali dengan Mojokerto Jaya ini, sudah tidak ada sekat lagi antara kabupaten dan kota, tagline-nya sudah Mojokerto. Berarti, Kota Mojokerto, hidup satu kesatuan. Harus berdaya di 2045, Kota yang maju, Bermartabat, dan Berkelanjutan,” ucapnya.

Menurutnya, Visi Kota Mojokerto ini sejalan dengan RPJPN yang ada di nasional tahun 2025-2045, yakni Kota Nusantara berkedaulatan, maju, dan berkelanjutan.

“Jadi, lagi-lagi di RPJPN-nya bangsa kita itu kata Nusantara itu kembali dipanggil, Negara Nusantara berdaulat, maju, dan berkelanjutan,” ungkapnya.

Sedangkan Misi Kota Mojokerto Tahun 2025 – 2045, pertama, Pembangunan Ekonomi Bebasis Inovasi. Ke dua, SDM Berkarakter dan Berdaya Saing Global.

Ke tiga, Kesejahteraan Sosial dan Ketahanan Budaya. Ke empat, Pelayanan Publik Prima Melalui Tata Kelola Yang Adaptif. Dan ke lima, Infrastruktur Terintegrasi dan Berkelanjutan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *