Gelar upacara Hari Lahirnya Pancasila 1 Juni, Banteng Kabupaten Probolinggo diminta selalu implementasikan nilai-nilai Pancasila.

Hari Lahir Pancasila, DPC PDIP Probolinggo Ajak Kader Implementasikan Nilai-nilai Pancasila

Indonewsdaily.com, Probolinggo – DPC PDI Perjuangan Kabupaten Probolinggo memperingati Hari Lahirnya Pancasila 1 Juni dengan upacara. Dipimpin Ketua DPC Edy Susanto, kader diminta sekali implementasikan nilai-nilai Pancasila dalam sendi-sendi kehidupan.

Menggunakan nuansa merah, upacara peringatan Hari Lahirnya Pancasila 1 Juni digelar di halaman Kantor DPC Jalan Raya Dringu, Rabu (01/06/2022). Peserta terdiri dari pengurus DPC, PAC dan perwakilan beberapa pengurus Ranting.

Upacara Pancasila 1 Juni, dimulai dari pembacaan teks Pancasila, UUD 1945 hingga pembacaan Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 24 Tahun 2016, Pemerintah menetapkan tanggal 1 Juni 1945 sebagai Hari Lahir Pancasila sekaligus sebagai Hari Libur Nasional.

“Upacara peringatan Hari Lahirnya Pancasila 1 Juni, bukan semata seremonial. Tapi ini bagian dari bentuk implementasi nilai-nilai Pancasila, merefleksikan bagaimana perjuangan The Founding Fathers menggali dan kemudian lahirlah yang namanya Pancasila, ” jelas Edy, sapaan akrab Ketua DPC Kabupaten Probolinggo.

Hal-hal inilah, lanjut Edy untuk kemudian senantiasa mengamalkan ajaran Pancasila dalam berbagai bidang. Sebab, Pancasila merupakan nilai historis yang menggambarkan karakter dan wajah Bangsa Indonesia.

“Atas hal itu, mari kita pertahanan nilai-nilai Pancasila ini. Kita amalkan dalam semua kehidupan, sebab inilah identitas Bangsa kita identitas Republik Indonesia dengan gotong royongnya, ” tambah Ketua Fraksi PDI Perjuangan di DPRD Probolinggo ini.

Pihaknya juga mengingatkan, bahwa lahirnya Pancasila tidak luput dari nilai kebangsaan dan kebhinekaan yang dialami oleh para pendahulu. Sehingga, para kader diwajibkan memahami dan ikut merasakan sebagai bentuk rasa syukur.

Selain itu, upacara Hari Lahir Pancasila 1 Juni ini, juga bagian dari rangkaian Bulan Bung Karno. Ia berharap, ini menjadi momentum bagi kader PDI Perjuangan Kabupaten Probolinggo khususnya, untuk terus mendekatkan diri dengan rakyat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *