Inovasi Ditunjang Budaya Kerja Mentereng,Tugu Tirta Panen Prestasi Selama 2019-2024

Salah satu pembangunan Tandon dalam pengembangan serta pelayanan untuk pemenuhan air bersih.

indonewsdaily.com, Malang- Kebebasan, Kolaborasi dan dukungan penuh untuk mengeksplorasi bidang yang digeluti, menjadi kunci lahirnya segudang terobosan dari Perumda Air Minum Tugu Tirta Kota Malang.

Dalam kurun waktu lima tahun terakhir, berbagai inovasi berhasil melejitkan BUMD Air Minum kebanggaan Kota Malang itu ke posisi teratas se-Indonesia. Perumda Tugu Tirta menjadi salah satu BUMD AM terbaik di Tanah Air sekaligus kaliber percontohan nasional.

“Keberhasilan ini tak lepas dari perubahan dan perbaikan budaya kerja yang kita jalankan. Selain kerja keras, semua insan pelayanan prima di Perumda Tugu Tirta dituntut bekerja cerdas dan berinovasi tiada henti,” ujar Direktur Utama Perumda Tugu Tirta, M Nor Muhlas S.Pd, MSi.

Tak ayal, selama periode kepemimpinan Muhlas sbeagai orang nomor satu, kemajuan pesat dialami eks PDAM Kota Malang tersebut. Pengakuan dibuktikan dengan rentetan prestasi yang diterima mulai tahun 2019-2024. Puluhan penghargaan berhasil diraih dalam genggaman.

Meski pencapaiannya telah diakui, Muhlas menegaskan bahwa berbagai inovasi di bidang teknologi informasi digital di Perumda Tugu Tirta akan terus disempurnakan supaya dapat berkembang mengikuti kebutuhan zaman.

Sebagai bagian dari Pemerintah Kota Malang, konsolidasi hexahelix juga menjadi perhatian penting Muhlas dan jajarannya.

“Sinergi dengan unsur hexahelix, termasuk diantaranya dengan mitra kerja eksternal serta rekan-rekan pers turut menunjang konsistensi kami. Tak lupa, konsolidasi internal juga memegang peran kunci dalam mengawal keberhasilan program kerja Perumda Tugu Tirta,” bebernya.

Apalagi di usia yang menginjak 49 tahun, Perumda Tugu Tirta mengusung slogan ‘Sinergi, Kolaborasi, Memberi Solusi’. Muhlas menyadari bahwa pihaknya dituntut melakukan upaya-upaya solutif untuk menuntaskan persoalan keterbatasan air baku demi optimalisasi layanan ke pelanggan.
Back up strategy sebagai upaya menjaga stabilitas layanan terus dilakukan, sehingga pengerjaan Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) di sejumlah titik terus dikebut.

Muhlas optimis seluruh proses pembangunan dan persiapan SPAM baru bisa tuntas tepat waktu, karena sejauh ini pengerjaannya juga on track alias sesuai jalur sebagaimana mestinya.

Beberapa titik pengeboran SPAM baru yang telah tuntas dan bisa dioptimalkan antara lain SPAM Betek, SPAM Tidar, SPAM Tlogomas, SPAM Mulyorejo 2, SPAM Joyoagung 2 dan SPAM Juwet.

Pihaknya berharap semua keberhasilan ini bisa dilanjutkan dengan baik, sehingga Perumda Tugu Tirta terus konsisten berkiprah di level tertinggi.

“Ibaratnya, selama 2019 hingga 2024 ini masa-masa kami berjuang. Berikutnya adalah masa untuk mensukseskan seluruh program yang telah kami rancang dan mulai berjalan,” tandas Muhlas.

Prestasi / penghargaan yang diterima Perumda Tugu Tirta periode 2019-2024 Tahun 2024.
Penghargaan Core Values ASN Berakhlak Tingkat Kota Malang (Tingkat kota),Tahun 2023 TOP BUMD Awards (Tingkat nasional), TOP CEO BUMD (Tingkat Nasional), Stand Kecil Terinovatif di Simposium Jawa Timur (Tingkat Provinsi),
TOP Digital Awards (Tingkat Nasional).

Sedangkan Tahun 2022 TOP Digital Award (Tingkat Nasional),Perpamsi Digital Transformation (Tingkat Nasional),TOP BUMD (Tingkat Nasional),TOP CEO BUMD (Tingkat nasional), UPP Terbaik Kompetisi Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik (P4) (Tingkat Nasional) KemenpanRB.BUMD Perangkat daerah dengan respon tercepat (Tingkat Kota Malang).

Tahun 2021 Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik “Si Raja Air “(Tingkat Kota Malang), Pameran Inovasi Simposium Provinsi Jawa Timur (Tingkat Provinsi), Apresiasi Pengaduan Publik Terbaik (APIK) (Tingkat kota), TOP BUMD Air Minum Terbaik (Tingkat nasional), TOP CEO (Tingkat nasional), Perpamsi Award 2022 (Tingkat nasional).

Kemudian untuk Tahun 2020 Perumda Tugu Tirta mendapatkan Juara 1 Respon Terbaik (tingkat Kota), dan Juara 3 Tata Kelola Terbaik (tingkat Kota).

Sedangkan pada tahub Tahun 2019 Penghargaan Stand Terbaik di Pameran Invoasi Pelayanan Publik 2019 (Tingkat Provinsi),Juara 1 Sosial Media Terbaik (tingkat kota), Juara 3 Website terbaik (tingkat kota), Website terfavorit (tingkat kota).

Sehingga prestasi yang telah diraih Perumda Tugu Tirta sangatlah memberikan kebanggaan bagi Kota Malang dan perlu diketahui PDAM kota Malang beberapa kali dijadikan pioner atau pilot project di Indonesia.sebagai study banding pengelolaan serta pengembangan sumber air dan pemanfaatannya. (windu).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *