Aksi pelestarian lingkungan dengan penanaman bibit pohon oleh Wakil Bupati Probolinggo, Timbul Prihanjoko.

Jaga Kelestarian Lingkungan, Wabup Probolinggo Gelar Aksi Tanam Bibit Pohon

Indonewsdaily.com, Probolinggo – Isu pelestarian lingkungan menjadi persoalan yang harus diperhatikan. Hal itulah yang dilakukan Wakil Bupati Probolinggo, Timbul Prihanjoko yang melakukan aksi penanaman bibit pohon.

Aksi pada Rabu (31/8/2022) itu, juga sejalan dengan instruksi Sekretaris Jenderal (Sekjen) PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto saat membuka Rapat Kerja Daerah (Rakerda) III PDI Perjuangan Kalbar terhadap pelestarian lingkungan.

Wabup Timbul Prihanjoko bersama Kwartir Cabang (Kwarcab) Gerakan Pramuka Probolinggo melakukan penanaman bibit pohon dalam rangka Bakti Pramuka pelestarian sumber mata air, di lahan BUMDes Dusun Pancen Desa Sapikerep Kecamatan Sukapura Kabupaten Probolinggo.

Wabup dari PDI Perjuangan itu ditemani Forkopimda, diantaranya Ketua DPRD Kabupaten Probolinggo Andi Suryanto Wibowo, Kapolres Probolinggo AKBP Teuku Arsya Khadafi, Komandan Kodim 0820 Probolinggo Letkol Arh Arip Budi Cahyono dan Kepala Kejari (Kajari) Kabupaten Probolinggo David P. Duarsa.

Untuk Kecamatan Sukapura terdapat 7 (tujuh) mata air yang selayaknya dapat dimanfaatkan oleh masyarakat untuk kebutuhan sehari-hari yang berada di Desa Sapikerep, Ngadas dan Desa Ngadisari. Semua mata air tersebut wajib untuk dijaga kelestariannya, termasuk melakukan penanaman bibit pohon.

Dalam kesempatan itu, Timbul sapaan akrabnya sebagai Ketua Majelis Pembimbing Cabang (Kamabicab) Gerakan Pramuka Probolinggo menyerahkan bantuan bibit kalpataru, pipa paralon untuk saluran air dan peralatan yang secara simbolis diterima oleh 3 (tiga) orang dari Kwarcab Gerakan Pramuka Probolinggo, Tagana dan masyarakat Desa Sapikerep.

Usai apel penanaman bibit pohon dalam bakti pramuka pelestarian sumber mata air, Wabup Timbul bersama anggota Forkopimda Kabupaten Probolinggo melakukan penanaman bibit kalpataru diikuti oleh Kwarcab Gerakan Pramuka Probolinggo, Tagana dan masyarakat setempat. Berlanjut dengan kunjungan ke lokasi mata air di Desa Ngadas Kecamatan Sukapura.

Timbul menjelaskan potensi sumber air bersih perlu dijaga dan dilestarikan. Oleh karena itu, melalui gerakan pramuka ini bersama-sama menjaga dan memelihara lingkungan agar supaya sumber mata air menjadi baik dan bisa dimanfaatkan oleh masyarakat untuk kebutuhan sehari-hari.

“Aksi pada kali ini juga sebagai bentuk menjaga kelestarian lingkungan, terutama di wilayah Kabupaten Probolinggo. Hal ini, demi keberlangsungan hidup khususnya generasi masa depan,” jelas Timbul.

Ia juga berharap, aksi pelestarian lingkungan juga harus dilakukan oleh masyarakat. Khususnya anak-anak muda, sehingga keadaan lingkungan senantiasa terjaga dan meminimalisir terjadinya bencana alam.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *