Ketawadhu’an Hantarkan Aini Jadi Lulusan Terbaik FK Unisma

Indonewsdaily.com, MALANG – Tak terbersitpun keinginan menjadi dokter, namun berkat ketawadhu’an kepada Sang Kyai. Menghantarkan dr. Minatul Aini menjadi lulusan terbaik Fakultas Kedokteran Universitas Islam Malang (Unisma) 2021.

Dituturkan oleh Minatul Aini, bahwa sebenarnya tak terbersitpun keinginan menjadi dokter. Namun berkat kepatuhan akan anjuran Kyainya yang menunjuknya ikut seleksi program beasiswa santri. Kini ia menjadi dokter dan menjadi lulusan terbaik pula.

“Saya sebelumnya cuma santri di pondok pesantren Al Fatah Kikil Pacitan. Kemudian ditunjuk Yai untuk ikut program beasiswa santri berprestasi Kemenag. Alhamdulillah lolos dan dimudahkan Alloh menjadi yang terbaik,” ungkapnya.

Minatul Aini, biasa dipanggil Aini ini melalui SK Rektor Unisma ditetapkan menjadi lulusan terbaik dari program profesi dokter. Dimana dalam Jurusan ini, lulusan terbaik tidak hanya dilihat dari IPK, tapi juga dinilai dari hasil Uji Kompetensi Mahasiswa Program Profesi Dokter (UKMPPD).

Aini pun terpacu tidak hanya mengejar IPK saja, tapi juga meraih nilai UKMPPD supaya bisa mendapatkan nilai akumulatif maksimal.

Ia menyadari, selain gigih meraih nilai tinggi, Aini juga mengirinya dengan doa. Dia istiqomahkan diri membaca Surat Al Anbiyah 79.

Dokter Aini lulus dengan predikat kelulusan sangat memuaskan dengan IPK 3,60 dan lama studi cuma 6,50 semester.

Kesan mendalam selama kuliah justru Aini rasakan saat menjalani pendidikan Koas di rumah sakit. Pasalnya banyak karakter pasien beserta beragam penyakit dijumpainya.

Hal itulah yang membuka mata hatinya, bahwa dokter juga harus mengedepankan empati tatkala menemui pasien yang tak mampu membayar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *