Ketum KNPI Hadiri Musda Jombang dan Ziarah Makam Pendiri NU

Indonewsdaily.com, Jombang – Ketua Umum DPP KNPI, Haris Pertama, menghadiri Musda Dewan Pengurus Daerah Komite Nasional Pemuda Indonesia (DPD KNPI) Jombang yang digelar di gedung pertemuan Husni Kamil Manik kantor KPU Jombang.

Musyawarah Daerah KNPI yang mengusung tema, “Realisasi Sepuluh Pemuda” tersebut dihadiri pimpinan berbagai OKP tingkat Kabupaten Jombang sebagai Peserta dan Peninjau. Pembukaan Musda juga dihadiri perwakilan TNI-Polri dan Pemda setempat.

“KNPI Jombang harus menjadi wadah konsolidasi gagasan – gerakan untuk memperjuangkan aspirasi pemuda, dan ambil bagian dalam proses pembangunan untuk kemajuan daerah,” pesan Haris Pertama dalam sambutannya.

Menurut pemuda yang juga menjabat Ketua Bidang Pemuda dan Olahraga di MN KAHMI tersebut, idealisme dan independensi gerakan pemuda tidak akan membelenggu peran kaum muda dalam berdemokrasi. Selama konteksnya untuk kepentingan kolektif, aktivis pemuda bebas membangun inovasi dan strategi.

KNPI sebagai wadah berhimpun pemuda terbesar di negeri ini, diharapkan hadir dalam setiap agenda strategis bangsa, seperti pada momentum politik 2024 yang akan datang.

“Baik di medan gerakan maupun politik, pemuda jangan netral. Berpihaklah, pada yang benar. KNPI Jombang jangan ragu-ragu mendukung figur politik daerah yang dinilai berpihak pada rakyat,” tandasnya.

Musda KNPI di “Kota Santri” Jombang tersebut akhirnya mengukuhkan Fansah Adila S.Pd, M.Kes, sebagai Ketua DPD KNPI Jombang periode 2022-2025. Dalam pidatonya, Fansah menyinggung adagium Presiden pertama RI, Soekarno, tentang sepuluh pemuda yang mampu mengguncang dunia, bukan hanya kidung harapan yang utopis.

”Pemuda adalah tesis yang selalu berdialektika dengan kenyataan. Realisasi adalah bentuk upaya dari dialektika pada realitas,” ujarnya.

Usai pembukaan Musda, rombongan DPP KNPI dan DPD Jatim menyempatkan silaturrahmi dengan Wakil Bupati Jombang, Bung Sumrambah, yang merupakan tokoh senior aktivis nasionalis di Jombang. Dalam kapasitasnya sebagai mantan aktivis, Sumrambah mendukung penguatan peran pemuda melalui wadah KNPI, sepanjang tujuannya adalah untuk peningkatan SDM pemuda dan kemajuan daerah.

Haris Pertama dan jajaran pengurus KNPI Jatim, didampingi Pengasuh Ponpes Luhur Malang, Gus Danial, melakukan ziarah ke makam Pahlawan Nasional RI yang juga salah satu pendiri Nahdlatul Ulama (NU), K.H. Abdul Wahab Hasbullah, di kompleks pesantren, Tambak Beras, Jombang.

Ziarah ini sebagai bagian dari perjalanan spritual pemuda Indonesia untuk mendoakan dan mengenang perjuangan pahlawan dan ulama. Beberapa waktu sebelumnya KNPI Pusat dan Jatim, sudah ziarah ke makam Gus Dur dan juga KH Hasyim Asy’ari di Tebu Ireng. **

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *