Korea Selatan Longgarkan Pembatasan Acara Konser dan Olahraga

Korea Selatan dikabarkan mulai melonggarkan pembatasan pada acara konser besar dan acara olahraga sejak Senin, 14 Juni 2021. Pengumuman ini sekaligus menyusul pelonggaran dari serangkaian pembatasan selama pandemi Covid-19 selama Negeri Ginseng tersebut terus mendorong program vaksinasi.

Pelonggaran ini akan mengizinkan maksimal 4.000 orang untuk menghadiri konser Kpop serta pertunjukan kebudayaan lainnya. Jumlah ini sangat jauh dibandingkan pembatasan pada tahun lalu yang hanya mengizinkan jumlah penonton maksimal hanya sebanyak 100 orang. Stadion olahraga juga akan mulai beroperasi dengan kapasitas sebesar 30 hingga 50 persen, tergantung pada kondisi pandemi di wilayah tersebut.

Pemerintah Korea Selatan mengungkapkan bahwa pihaknya pun juga akan mulai melonggarkan pembatasan karantina untuk pengunjung yang berasal dari luar negeri yang sudah divaksinasi secara penuh. Mulai 1 Juli 2021 mendatang, para pelancong yang datang ke Korea Selatan dapat mengajukan pengecualian diri dari kewajiban menjalankan karantina, sebagaimana yang dilansir dari Channel News Asia.

Pengecualian ini dapat diajukan oleh pendatang yang berkepentingan dalam rangka menemui keluarga, kunjungan bisnis, keperluan akademik, maupun kepentingan umum.

Kemudian, agen perjalanan Korea Selatan saat ini juga sedang mempersiapkan paket perjalanan baru setelah pemerintah mengumumkan rencana “gelembung perjalanan” dengan beberapa negara, diantaranya seperti Singapura dan Thailand.

Pelonggaran serangkaian pembatasan ini turut mempertimbangkan jumlah infeksi harian di Korea Selatan yang diketahui telah mencapai level terendahnya dalam kurun waktu dua bulan terakhir. Direktur Badan Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Korea, yaitu Jeong Eun Kyeong, mengungkapkan bahwa Korea Selatan telah memberikan vaksin dosis pertama terhadap lebih dari 11,8 juta orang atau sebesar 23 persen dari populasi negara tersebut.

Angka ini masih di bawah tingkat vaksinasi pada beberapa negara maju, seperti di Inggris yang sudah mencapai angka lebih dari 60 persen.

Adapun program vaksinasi di Korea Selatan telah dimulai sejak bulan Februari 2021 lalu, bersamaan dengan dimulainya vaksinasi di Jepang. Sebagaimana negara-negara lain yang juga turut terdampak Covid-19, peluncuran vaksin ini menjadi momentum bagi Korea Selatan untuk dapat merancang kembali kehidupan normal disana secara bertahap.

Melonggarkan ketentuan karantina bagi para pelancong dari luar negeri, meningkatkan jumlah kapasitas penonton konser Kpop serta acara olahraga merupakan pencapaian yang besar dari berbagai upaya untuk memerangi Covid-19 yang dilakukan oleh pemerintah Korea Selatan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *