LUKW Dr Soetomo Sukses Gelar UKW Muda Angkatan Ke-V

Peserta UKW Unitomo angkatan ke -5 di NK Caffe .

Indonewsdaily.com, Malang – Penyelenggaraan Uji Kompetensi Wartawan (UKW) Universitas Dr. Soetomo (Unitomo) untuk jenjang muda selama 2 hari, Sabtu – Minggu (4-5 November 2023) di NK Caffe, Kota Malang, berjalan sukses.

Kegiatan tersebut diikuti oleh 14 peserta jenjang muda dari berbagai media online yang ada di Malang Raya. Dengan para penguji diantaranya, Machmud Suhermono, Wijayanto, dan M. Aminun Jabir.

Dalam kesempatan tersebut, Wakil Direktur II LUKW Unitomo Kanti Wijoyo berpesan agar peserta setelah lulus tetap bisa menjaga marwah sebagai jurnalis yang kompeten.

“Ketika sudah dinyatakan kompeten dan menerima kartu, saya harapkan untuk jangan pernah menggunakan seragam dengan logo mirip instansi tertentu, Itu tidak perlu. Cukup Kartu UKW dari Dewan Pers saja sudah cukup. Untuk menghindari masalah dikemudian hari,” ungkap Kanti Wiyoto.(5/11/2023)

UKW angkatan ke-V ini ditutup oleh Wakil Direktur I Lembaga UKW Dr. Soetomo Machmud Suhermono yang didampingi oleh Wakil Direktur II LUKW Unitomo Kanti Wiyoto.

Sebelum menutup UKW, Mahmud Suhermono mengingatkan kembali kepada para peserta UKW tentang pentingnya Undang undang Pers, Kode Etik Jurnalistik, PPRA (Pedoman Pemberitaan Ramah Anak) dalam setiap pemberitaan agar tidak terjebak jeratan hukum.

“Selamat bagi para peserta yang telah dinyatakan kompeten. Pesan saya, jaga marwah, dan selalu bersikap independen. Apalagi menjelang pemilu, pasti akan ada tarik sana sini. Wartawan dituntut independen dalam setiap pemberitaan, seperti yang disebut di Kode Etik Jurnalistik Pasal 1. Dengan ucapan alhamdulillah, UKW angkatan ke-V Unitomo secara resmi ditutup,” ungkap Machmud.

Sementara itu, Ketua panitia UKW yang juga alumni angkatan pertama Santoso berterima kasih kepada seluruh pihak yang telah mendukung kesuksesan jalannya UKW angkatan ke-V.

“Saya berterima kasih kepada pihak Universitas Dr Soetomo dan para penguji yang sudah membimbing rekan-rekan semua. Terima kasih juga untuk NK Caffe yang telah mensuport pelaksanaan UKW. Sekali lagi kami ucapkan terima kasih kepada seluruh pihak yang tidak bisa saya sebutkan satu-persatu atas terlaksananya UKW” ucapnya.

Dalam pelaksanaan UKW angkatan ke-V tersebut, dari 14 peserta yang mengikuti UKW jenjang muda, 13 peserta dinyatakan kompeten.(win)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *