Media Sebagai Garda Depan Informasi Pemilu Berintregritas Tema Bawaslu Kota Malang Jelang Pemilu 2024

Acara Gathering Media sebagai garda terdepan di kantor Bawaslu kota Malang jalan teluk Cendrawasi Blimbing

Indonewsdaily.com, Kota Malang – Menjelang Pesta demokrasi tahun 2024 Bawaslu Kota Malang memberikan arahan kepada media sebagai garda terdeoan dalam pelaksanaan pemilu damai.

Dalam rangka menciptakan Pemilu Serentak 2024 yang berintegritas, Badan Pengawas Pemilihan Umum Kota Malang melaksanakan kegiatan “Media Gathering, Penguatan Media sebagai Garda Depan Informasi Pemilu Berintegritas”.

Dilaksanakan pada 24 November 2023 bertempat di Kantor Bawaslu Kota Malang Jalan Teluk Cendrawasih No.1 RT.03/RW.03 Arjosari Kota Malang.

Eko Widianto dari Mafindo (Masyarakat Anti Fitnah Indonesia) menjelaskan terkait berita Hoax dan kabar yang menyesatkan.
“Kita saat ini melihat gangguan informasi terkait media sosial yang dampaknya sangat besar, sedangkan jenis gangguan informasi di bagi 3 yakni mall informasi adalah di gunakan untuk menyerang,” ungkapnya.

Kepada media Kepala Sekretariat Bawaslu Kota Malang, Budi Santoso, S.AP, menyatakan Bawaslu kota Malang sebagaimana tugas dan tanggung jawabnya sebagai pengawas Pemilu 2024 melakukan berbagai langkah agar proses pemilihan umum kedepan dapat berjalan dengan aman,jujur dan adil terutama di kota Malang.

“Maraknya postingan berita,informasi,video melalui media sosial maupun cetak,elektronik terkait isu politik mendapat perhatian khusus dari Bawaslu karena hal tersebut bisa menjadi pemicu adanya konflik serta alat penyebaran Hoaks,” terangnya.

Bekerjasama dengan media,lembaga riset,pemerintahan,perusahaan tehnologi seperti FB dan WA juga organisasi lainnya diantaranya Usaid, Unicef melakukan berbagai langkah pengawasan diantaranya melakukan konten prebunkin (Konten Vaknisasi Hoaks Pemilu) yang berfungsi untuk menutup informasi terkait Pemilu serta melakukan cek data juga fakta kebenaran berita yang beredar melalui berbagai media tersebut

Disisi lain,Budi juga menambahkan jika Bawaslu kota Malang juga telah melakukan pengecekan logistik pemilu di gudang penyimpanan dari hasil pemantauan dilokasi tersebut ditemukan kebocoran atap dan paparan air dibeberapa titik,saat ini KPUD kota Malang sudah melakukan proses renovasi kerusakan yang ada digudang logistik.

“Terkait hal tersebut, kami telah menghimbau pihak KPUD kota Malang untuk selalu siaga dalam mengantisipasi potensi kerusakan logistik Pemilu,” tutupnya.(win)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *