Papua  

NU Nabire Kembali Menggeliat, Setelah 24 Tahun Vakum

Indonewsdaily.com, Nabire – Setelah hampir seperempat abad vakum, PCNU Kabupaten Nabire kini mulai menunjukkan taringnya dengan dilaksanakannya Konfercab Nahdlatul Ulama (NU) pertama setelah konfercab terakhir 1997.

Mengacu atau dasar hukum pelaksanaan adalah Amanat PWNU Provinsi Papua No. 009/A.1.04/SR/PA/VIII/2021 tertanggal 22 Agustus 2021 M. Konfercab pertama NU diselenggarakan 1 September 2021 di Islamic Centre Jalan Merdeka Kelurahan Karang Mulia Nabire.

Carateker Pengcab Kyai M. Ihsan Abdul Hanan mengatakan dalam sambutannya, bahwa Konfercab NU ini perdana setelah 1997. “NU pernah menggelar konferensi pertamanya setelah HUT Kemerdekaan RI, Konfercab NU Nabire kali inipun dilaksanakan setelah HUT Kemerdekaan RI,” katanya dalam sambutan.

Dengan ghiroh perjuangan kemerdekaan, lanjutnya konferensi ini menjunjung nilai semangat kebersamaan sebagai sebuah organisasi terbesar di tanah air.

Pemerintah Kabupaten Nabire dalam hal ini Penjabat Bupati Nabire yang diwakili Asisten I Setda Nabire La Halim menyatakan, bahwa NU di Nabire itu ada tetapi tidak nampak nampak tetapi tidak jelas.

“Kami pemerintah antusias menyambut konfercab NU ini, NU di Nabire cukup banyak NU ada tapi tidak nampak nampak tapi tidak jelas, “tukas La Halim, Rabu (1/9/21).

Sedangkan Ketua Sidang Konfercab NU Nabire Muhammad Thohir didampingi Sekretaris Sidang Wahyu Budi Santoso dan diikuti hampir seluruh Ranting /utusan Ranting NU di seluruh Kabupaten Nabire.

Ketentuan BAB III Pasal 3 Ayat (1) Tentang Quorum, Konfercab sebagai lembaga permusyawaratan tertinggi Nahdlotul Ulama tingkat cabang dianggap sah apabila dihadiri oleh lebih dari separuh jumlah ranting yang sah yang telah mendapatkan surat mandat dari Carateker PCNU Nabire sebagaimana isi Surat penunjukan dari Pengurus Wilayah NU Provinsi Papua.

Hingga berita ini dipublis sidang Konferensi Nahdlotul Ulama Kabupaten Nabire 1 September 2021 memasuki termin dua dengan membacakan BAB dan Pasal prosedur pelaksanaan konferensi. (Kur)

Exit mobile version