Pembangunan Embung Tanpa Uang Negara Di Gagas PU SDA Kabupaten Malang

Plt Kepala DPU SDA, Khairul Kusuma. (foto istimewa)

Indonewsdaily.com, Malang -Pembangunan embung tanpa uang negara di gagas oleh Dinas Pekerjaan Umum Sumber Daya Air (DPU-SDA) Kabupaten Malang, Hal ini akan di lakukan pembangunannya di sejumlah titik di wilayah Kabupaten Malang.

Seperti yang di sampaikan Plt PU SDA Kabupaten Malang Khairul Kusuma yang mengatakan bahwa nantinya pembangunan ini tanpa menggunakan uang negara Baik itu APBD Kabupaten Malang, APBD Provinsi Jawa Timur maupun APBN.

“Caranya dengan Public Privat Partnership, bukan CSR perusahaan,” ungkapnya (7/6/2023).

Dalam arti lain tanpa menggunakan uang negara adalah menyasar perusahaan yang akan melakukan investasi menggunakan lahan sawah atau eks sawah, yang sudah memiliki dokumen Kesesuaian Kegiatan Pemanfaatan Ruang (KKPR),Kesesuaian antara Rencana Kegiatan Pemanfaatan Ruang dengan Rencana Tata Ruang (RTR) diterbitkan Dinas Ciptakan Karya setempat.

“Nah nanti kita KPBU-kan yaitu Kerjasama Pemerintah dengan Badan Usaha. Misalnya investor berinvestasi di atas lahan satu hektar tanah, pada alih fungsinya investor diminta untuk membuatkan embung,” terangnya.

Lebih lanjut Khairul mengatakan yang nantinya akan mampu mencetak sawah baru seluas dua kali lipat dari lahan yang digunakan untuk investasi tersebut.

“Kedepan program kami seperti itu, sehingga kami mendapat aset fisik berupa embung tanpa menggunakan uang negara,” ucapnya.

Ia menambahkan saat ini total ada 39 embung yang ada di Kabupaten Malang, namun yang menjadi kewenangan Pemkab Malang hanya 4 embung saja.(win)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *