Perumda Tirta Kanjuruhan Persiapkan SPAM Kaligoro Tahap III

Wabup Malang Didik Gatot Subroto saat memberikan sambutan dalam sosialisasi persiapan pemasangan.

Indonewsdaily.com, Malang – Persiapan Pemasangan Jaringan Pipa SPAM Kaligoro Tahap III, Perumda Tirta Kanjuruhan Laksanakan Sosialisasi Bagi Masyarakat Sumbermanjing Wetan.

SPAM Kaligoro yang memanfaatkan Sumber mata air Kaligoro Desa Druju Kecamatan Sumbermanjing Wetan, dengan debit air baku 860 liter/detik, dan debit yang akan dimanfaatkan sebesar 150 liter/detik, akan dimanfaatkan untuk melayanan wilayah kekeringan/ Kecamatan Rawan Air yaitu Kecamatan Gedangan dan Sumber Manjing Wetan.

Pembangunan SPAM Kaligoro pada tahap II, telah menyelesaikan pembangunan Reservoar dengan kapasitas 1000 m3, di Desa Sumber Nanas dan Desa Ringinsari, yang dilanjutkan dengan pembangunan sistem perpompaan dan jaringan transmisi.

Untuk mempersiapkan proses pembangunan jaringan pipa SPAM Kaligoro tahap III, pada hari Rabu 15 November 2023, dilaksanakan Sosialisasi Pemasangan Jaringan Pipa SPAM Kaligoro Tahap III, bagi masyarakat Kecamatan Simbermanjing Wetan, bertempat di Balai Desa Harjokuncaran.

Acara sosialisasi ini dihadiri Wakil Ketua MPR RI Bapak Dr. Ahmad Basarah, S.H., M.H, yang diwakili Syaifudin Zuhri Direktur AB Center, Wakil Bupati Malang, jajaran Direksi Perumda Tirta Kanjuruhan, Camat Sumbermanjing Wetan, beberapa Kepala OPD dan Kepala Bagian Setda Kabupaten Malang, Kepala Desa di wilayah Kecamatan Sumbermanjing Wetan, tokoh masyarakat, dan perwakilan calon pelanggan.

Dikonfirmasi terpisah Menurut Direktur Utama Perumda Tirta Kanjuruhan, H. Syamsul Hadi, S.Sos,M.M, yang disampaikan pada laporannya di Acara Sosialisasi Pemasangan Jaringan Pipa SPAM Kaligoro Tahap III tersebut, bahwa SPAM Kaligoro yang dibangun sejak tahun 2021 direncanakan melayani 15.000 calon pelanggan di Kecamatan Gedangan dan Sumbermanjing Wetan.
“SPAM ini direncanakan akan selesai pada tahun 2024 melalui dana APBN, dan untuk merealisasikannya perlu dana besar, sehingga diperlukan dukungan dari semua pihak, khususnya Bupati Malang/Pemerintah Daerah, Kementerian PUPR serta masyarakat,”ungkapnya (17/11/2023)

Selanjutnya sambutan Wakil Bupati Malang H. Drs. Didik Gatot Subroto, S.H.,M.H., yang hadir mewakili Bupati Malang, pada acara sosialisasi di Kecamatan Sumbermanjing Wetan, mengajak kepada seluruh undangan dan masyarakat yang hadir untuk mendukung rencana pembangunan SPAM Kaligoro, dan berharap program pemasangan jaringan perpipaan SPAM bagi warga sebanyak 15.000 sambungan untuk wilayah Sumawe dan Gedangan terus berjalan dan seslesai sesuai terget hingga segera dapat dinikmati masyarakat di wilayah rawan air.

Hal tersebut sejalan dengan harapan yang disampaikan perwakilan masyarakat, yang menyampaikan kepada awak media bahwa sudah lama masyarakat Klepu menginginkan air PDAM.
“Karena selalu kesulitan air tidak saja di musim kemarau, tapi juga sehari harinya” seperti kata Supriadi warga Klepu, yang hadir di acara tersebut.

Lebih lanjut Kabag Umum Dan Humas Perumda Tirta Kanjuruhan Wahjoe Darmawan menambahkan terkait kebutuhan air adalah hal mendasar.

“Kita akan wujudkan melalui SPAM tahap III Kaligoro ini untuk masyarakat,”singkatnya.(win)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *