Bupati Malang Tanam Mangrove dan Lepas Tukik di Bajul Mati Beach Festival

Bupati Malang HM Sanusi (baju putih tiga dari kanan) saat diacara Bajul Mati Beach Festival.

Indonewsdaily.com, Malang – Rangkaian peringatan Hari Jadi Kabupaten Malang ke-1263 Bupati Malang Drs. H.M Sanusi M,M menanam Mangrove dan Pelepasan Tukik dalam acara Bajul Mati Beach Festival (BBF) yang bertempat di Pantai Bajul Mati, Desa Gajahrejo, Kecamatan Gedangan, Kabupaten Malang pada Rabu (15/11/2023).

Dalam kesempatan tersebut Bupati menyampaikan kegiatan Bajul Mati Beach Festival ini yang juga rangkaian dari kegiatan Hari Jadi ke-1263 Kabupaten Malang juga untuk mempromosikan potensi wisata bahari yang dimiliki Kabupaten Malang, digelarnya event Bajul Mati Beach Festival ini diharapkan dapat meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya menjaga keseimbangan lingkungan.

“Melalui kegiatan ini pula, saya berharap agar seluruh pihak dapat berkontribusi dalam mengangkat potensi alam di kawasan pesisir Malang Selatan sehingga memberikan dampak maksimal terhadap peningkatan kesejahteraan masyarakat sekitar,” ujar Bupati Malang.

Dipilihnya Pantai Bajulmati sebagai lokasi kegiatan konservasi kali ini merupakan salah satu upaya pemulihan yang dilakukan pasca bencana banjir di kawasan Malang Selatan pada akhir tahun 2022 lalu. Akibat bencana tersebut, berbagai vegetasi tersapu rob dan terdapat banyak sekali sampah plastik yang terbawa arus hingga masuk ke area pesisir.

Bupati Malang Sanusi juga memberikan dukungan penuh atas peluncuran Aplikasi Integrated Mangrove Restoration Management (i-MARINA). Inovasi berupa digitalisasi pengelolaan mangrove ini dapat berfungsi sebagai basis data yang mendukung aksi konservasi mangrove di kawasan pesisir Malang Selatan.

“Keberadaan platform i-MARINA ini juga diharapkan dapat dimanfaatkan sebagai wadah edukasi masyarakat terkait konservasi mangrove. Aplikasi ini, merupakan bentuk komitmen transparansi program pemerintah, karena seluruh kegiatan yang dilaporkan dapat dipantau oleh masyarakat,” pungkas Bupati Malang.

Dalam kegiatan tersebut dihadiri Asisten Perekonomian dan Pembangunan Provinsi Jawa Timur Moh. Gunawan Saleh, Wakil Bupati Malang Drs. H. Didik Gatot Subroto, S.H, M.H, Komandan Lanal Malang, Jajaran Forkopimda Kabupaten Malang, Jajaran Kepala OPD Kabupaten Malang, Kepala Perum Perhutani Divisi Regional Jawa Timur, Kepala Balai Konservasi Sumber Daya Alam Provinsi Jawa Timur, Administratur Perum Perhutani KPH Malang, Camat dan Forkopimcam Gedangan.(win)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *