Pimpin Upacara Hari OTODA, Walikota Ning Ita Ajak OPD Terus Inovasi

 

 

 

Foto: Wali Kota Mojokerto Ika Puspitasari memimpin Upacara Peringatan Hari Otonomi Daerah (Otoda) ke XXVII tahun 2023.

Indonewsdaily.com, Mojokerto — Wali Kota Mojokerto Ika Puspitasari mengajak semua organisasi perangkat daerah (OPD) terus melakukan inovasi dan terobosan untuk kemajuan dan pelayanan masyarakat. Hal itu dikatakan saat memimpin Upacara Peringatan Hari Otonomi Daerah (Otoda) ke XXVII tahun 2023 di Halaman Kantor Wali Kota Mojokerto, Jl. Gajah Mada, No. 145, Kota Mojokerto, Sabtu (29/4/2023).

Dalam amanatnya, sosok wali kota yang akrab disapa Ning Ita tersebut mengimbau seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) untuk terus melakukan terobosan dan inovasi untuk menggali berbagai potensi yang dapat memberikan nilai tambah dan manfaat yang bisa dirasakan langsung oleh masyarakat.

“Mari kita melakukan refleksi sejenak untuk kembali memahami esensi filosofis dari di tetapkannya otonomi daerah yang saat ini genap berusia 27 tahun,” ujarnya.

Tujuan dilaksanakannya otonomi daerah dengan mendesentralisasikan sebagaian kewenangan, sejatinya untuk menjadikan daerah untuk mencapai kemandirian fiskal dengan menggali berbagai potensi yang dapat meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) serta memacu terjadinya percepatan dan pemerataan pembangunan.

“Setelah 27 tahun berjalan, otonomi daerah telah memberikan dampak positif dibuktikan dengan adanya percepatan pembangunan yang ditandai dengan meningkatnya angka indeks pembangunan manusia (IPM), bertambahnya PAD dan kemampuan fiskal daerah,” terangnya.

Seperti diketahui, di bawah kepemimpinan Ning Ita, IPM di Kota Mojokerto tahun 2022 mencapai 79.32%, dan angka kemiskinan di Kota Mojokerto hanya tinggal 5.98%, angka stunting di Kota Mojokerto juga turun drastis di angka 3,12%.

Peringatan Hari Otonomi Daerah (Otoda) ke XXVII tahun ini mengusung tema “Otonomi Daerah Maju, Indonesia Unggul”.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *