Polisi RW Akan Backup Bhabinkamtibmas Di Desa dan Kecamatan Kota Batu Serta Kabupaten Malang

Forkopimda Kota Batu setelah acara apel gelar polisi RW.

Indonewsdaily.com, Kota Batu – Untuk melayani Masyarakat dengan prima serta memperkuat keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas), Polres Batu melaksanakan Apel Gelar ratusan personelnya untuk menjadi Polisi RW.

Wakapolres Batu kompol Jeni Al Jauza mewakili Kapolres Batu menjelaskan, personel yang ditugaskan ke tingkat RW di setiap wilayah di Kota Batu ini nantinya akan memperkuat Bhabinkamtibmas yang sudah ada di masing – masing desa atau kelurahan.

“Polisi RW ini nanti akan memback up para Bhabinkamtibmas di masing – masing desa atau kelurahan yang ada untuk mendeteksi dini persoalan yang ada di lingkungan masyarakat,” ujar Jeni usai memimpin apel gelar Polisi RW di Hall Hotel Singhasari Resort yang dihadiri oleh perwakilan Forkopimda dan seluruh anggota yg terlibat Polisi RW. Rabu (17/05/23).

Personel Polres Batu yang diberikan amanah sebagai Polisi RW sebanyak 466 orang yang akan di sebar di seluruh desa dan kecamatan yang ada di wilayah kota Batu dan Kabupaten Malang khususnya kecamatan Pujon, Ngantang dan Kasembon yang ditandai dengan penyematan ban lengan serta Rompi bertuliskan Polisi RW.

Kompol Jeni Al Jauza berharap adanya Polisi RW dapat meningkatkan kembali kepercayaan masyarakat kepada Polri yang mengedepankan upaya preemtif dalam mewujudkan stabilitas keamanan dalam negeri.

“Semua anggota Polri dari semua fungsi melaksanakan tugas kamtibmas di tingkat RW dan tanggung jawab sebagai pembina yaitu mendengarkan keluhan masyarakat dan problem solving,” tutur Wakapolres.

Wakapolres juga mengatakan, fungsi-fungsi pencegahan lebih dikedepankan dalam pembentukan Polisi RW.
Keberadaan Bhabinkamtibmas yang mempunyai ruang lingkup desa/kelurahan dirasakan terlalu besar, maka dengan adanya Polisi RW ini setiap permasalahan di masyarakat dapat tertangani dengan cepat.

“Polisi RW dibentuk untuk mendeteksi dini kriminalitas di masyarakat khususnya kalangan remaja hingga masalah sosial di lingkungan RW,” jelasnya.

Melalui program ini kata Wakapolres , diharapkan keberadaan Polisi RW agar bisa berkolaborasi, duduk bersama dan peduli bersama terhadap berbagai fenomena masalah sosial yang dirasakan langsung masyarakat.

Ia juga berharap agar Polisi RW bisa berkolaborasi dengan ketua RW, kepala desa, lurah, Babinsa dan Bhabinkamtibmas untuk membangun kerukunan sesama tetangga serta membantu menyelesaikan permasalahan sehari-hari yang ada di masyarakat.

Selain itu juga memberikan kesempatan untuk saling memahami akan layanan yang dibutuhkan atau diperlukan, membuka peluang untuk bekerja dan bersama-sama komunitas berusaha untuk mengendalikan masalah yang terdapat di dalam komunitas dan menerapkan prinsip Community Policing, restorative dan akuntabilitas.
Jeni berpesan kepada Polisi RW supaya memulai interaksi yang konsisten dengan masyarakat initial contact untuk membangun kembali kepercayaan masyarakat kepada Polri/Trust Building.

“Mari kita wujudkan dan kita laksanakan bersama tugas polisi RW guna terciptanya situasi kamtibmas yang aman dan kondusif di wilayah hukum Polres Batu.” tutup Jeni Al Jauza. (win)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *