Progres Pembangunan SPAM Kaligoro untuk Melayani Masyarakat di Dua Kecamatan

Pembangunan SPAM di kecamatan Gedangan dan Sumbermanjing Wetan

 

indonewsdaily.com, Kabupaten Malang-Perumda Tirta Kanjuruhan terus tingkatkan pelayanan air bersih di kabupaten Malang, hal ini seperti yang dilakukan dalam pembangunan SPAM yang berada di Kecamatan Gedangan dan Kecamatan Sumbermanjing Wetan.

Tujuan utama pembangunan spam Kaligoro, adalah untuk menangani daerah rawan air khususnya di kecamatan Gedangan dan Kecamatan Sumbermanjing Wetan.

Pembangunan SPAM Kaligoro saat ini tengah memasuki tahap ke 3, pada tahap I tahun 2021, telah diselesaikan pembangunan broncaptering, bak penampung, sistem perpompaan,/ JDU sepanjang 2.375 m, reservoar kapasitas 1000 m3, jaringan pipa distribusi pelayanan 10.000 m, dan pemasangan 800 SR di Desa Segaran.

Sedangkan pada tahap II tahun 2023, telah dilaksanakan pembangunan reservoar Sumbernanas, reservoar Ringinsari, masing masing berkapasitas 1000 m3, sistem perpompaan dan jaringan transmisi sepanjang 5.564 m;

Untuk tahap III akan dibangunan reservoar Klepu, reservoar Gedangan, reservoar sumbermanjing wetan/ sistem perpompaan dan gravitasi, / JDU sepanjang 14.866 m, jaringan pipa distribusi pelayanan sepanjang 77.415 m, dengan potensi pelanggan untuk tahap II dan III sejumlah 14.200 sr, sehingga total sambungan rumah yang dilayani dari SPAM Kaligoro sejumlah 15.000 sr. Dan progress pembangunan tahap III ini telah mencapai 60%.

Humas Perumda Tirta Kanjuruhan Wahjoe Darmawan menjelaskan bahwa Anggaran pembangunan SPAM Kaligoro, mendapatkan dukungan pemerintah melalui APBN senilai kurang lebih 125 miliar, dan dukungan dari APBD senilai 25,5 miliar.
“Seluruh proses pembangunan menjadi tanggung jawab kementerian PUPR, dengan BPPW Provinsi Jawa Timur sebagai pelaksana pembangunannya, dan selanjutnya apabila telah selesai, pengelolaan SPAM Kaligoro akan dilaksanakan oleh Perumda Tirta Kanjuruhan.
Progress pembangunan SPAM Kaligoro tahap II berjalan dengan lancar, dan pada akhir tahun 2023, telah selesai 100%.,” ungkapnya (22/2/2024).

Diharapkan pembangunan SPAM Kaligoro tahap III, dapat selesai pada tahun 2024, sehingga pemasangan sambungan SR dapat segera direalisasikan, khususnya bagi masyarakat di kecamatan Sumbermanjing Wetan dan Gedangan.

Dan dengan antusiasme warga untuk menjadi calon pelanggan dan dukungan Camat serta Kepala Desa terkait, potensi sambungan rumah dapat dikumpulkan dengan cepat, sehingga menjadi pendorong percepatan proses realisasi pelayanan air minum melalui SPAM Kaligoro.(windu)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *