Pulihkan Trauma,UB Kirimkan Tim Psikososial ke Cianjur

Jawa Timur129 Views

Indonewsdaily.com, Malang – Selain mengirimkan bantuan logistik dan obat-obatan, Universitas Brawijaya juga menerjunkan tim psikososial untuk membantu pemulihan korban gempa bumi di Cianjur, Jawa Barat. Tim yang terdiri atas satu orang dosen dan tiga orang mahasiswa dari Departemen Psikologi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Brawijaya ini berangkat menuju lokasi bencana (30/11/2022).

Menurut Arief Permana Dwi Hananto, salah satu anggota, tim ini akan bergabung bersama tim medis untuk pembagian tugas di lokasi pengungsian, dan telah memiliki pengalaman serupa sebelumnya. “Tim kami terdiri dari dosen dan mahasiswa yang sebelumnya juga terlibat dalam trauma healing bagi keluarga maupun penyintas Tragedi Kanjuruhan”, jelasnya.

Tim yang dikomando oleh Ratri Nurwanti, S.Psi., M.Psi dan beranggotakan Edoardus Gilang Wardana, Arief serta Isyraq Quratul’aini ini telah dibekali oleh Psychological First Aid dan beberapa materi lain. Selama sepekan di Cianjur, tim ini akan fokus pada pemulihan trauma korban, khususnya remaja dan anak-anak. “Tapi, tidak menutup kemungkinan juga kami akan membantu pemulihan bagi lansia dan dewasa, tergantung bagaimana kondisi di lapangan”, ujar mahasiswa angkatan 2019 ini.

“Karena fokus kami adalah anak-anak dan remaja, kelengkapan yang kami sediakan antara lain mainan dan buku cerita anak-anak. Harapannya, kami bisa membantu mereka mengurangi trauma akibat gempa kemarin”, pungkasnya. (windu)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *