“Punya Chingu” Selenggarakan Workshop Meronce serta Pameran UMKM Dalam Event Mangu’s Day

Panitia tim "Punya Chingu" saat menggelar acara UMKM di Oura Cafe.

Indonewsdaily.com, Kota Malang – Sebagai salah satu kota destinasi di Jawa Timur, Kota Malang juga memiliki banyak daya tarik lainnya. Seperti dalam event Mangu’s Day kelompok UMKM “Punya Chingu” selenggarakan workshop meronce serta pameran UMKM karena Kota Malang memiliki banyak Usaha Mikro, Kecil dan Menengah,Acara ini berlangsung di Oura Cafe.

UMKM yang berada di Malang, tidak hanya ada satu jenis saja tetapi salah satunya adalah kelompok UMKM “Punya Chingu” yang merupakan UMKM dengan menjual produk aksesoris manik-manik handmade.

Rahmi Nadhifatul Nisak selaku Ketua Kelompok Team Eunoia dari Program Studi Ilmu Komunikasi Universitas Muhammadiyah Malang menyampaikan, dengan banyaknya jenis UMKM yang ada di Kota Malang, hal itu lantas menjadikannya sebagai daerah yang berpotensi untuk mendirikan UMKM atau berbagai macam usaha dan jasa.

“UMKM di Malang banyak menciptakan berbagai macam penggemar produk UMKM, salah satu yang disukai oleh para remaja adalah produk fashion” terangnya. (26/6/2023)

Selanjutnya Rahmi mencontohkan UMKM yang fokus dibidang fashion,Produk ini merupakan hal yang dibutuhkan oleh masyarakat di era saat ini. Hal tersebut dikarenakan dengan menggunakan produk fashion, dapat meningkatkan kepercayaan diri bagi yang memakai.

“Fashion menjadi salah satu jenis usaha yang sudah berdiri banyak sekali di Malang, dan setiap usaha memiliki konsumen tetap masing-masing dikarenakan besarnya minat masyarakat terutama mahasiswa yang berada di Malang.” jelasnya.

Menurut Rahmi, banyaknya minat masyarakat terhadap produk UMKM, terutama para pemuda, membuat tim “Punya Chingu”yang juga merupakan penggerak UMKM Malang, memiliki ide untuk memberikan kesempatan bagi beberapa pelaku UMKM di Kota Malang untuk bisa memperkenalkan usahanya kepada masyarakat.

Ungkapan yang sama disampaikan Indah Adhania Sriwandhini, Owner dan Marketing “Punya Chingu” bahwa Acara ini menunjukan komitmennya untuk memberdayakan pengusaha lokal dan mendorong pembangunan ekonomi daerah.

“Acara ini adalah hasil kolaborasi antara beberapa mahasiswa program studi Ilmu Komunikasi Universitas Muhammadiyah Malang, yang akhirnya Oura Cafe bersedia menyiapkan ruang khusus bagi UMKM untuk memamerkan dan menjual produk mereka kepada pengunjung.” katanya.

Beberapa UMKM yang ikut serta antara lain Whats Inside dengan produk yang dijual adalah berbagai macam tas modis masa kini,selain itu juga ada Shalin Perfumery dengan produk yang dijual adalah berbagai varian parfum, Nail By Diana dengan jasa yang diberikan adalah perawatan kuku, Glow Clinic dengan produk skincare, dan terakhir “Punya Chingu” yang menjual produk aksesoris handmade seperti gelang, kalung, cincin.

Acara ini dimulai pukul 13.00 WIB, beberapa UMKM booth sudah prepare dari sehari semalam sebelum event Mangu’s Day, masing-masing booth stand memiliki keunikan tersendiri dalam mempromosikan barang dagangannya seperti What’s Inside menyediakan tas laptop dan totebag bermacam-macam variasi mulai dari bahan hingga warna yang jarang ada, sedangkan Shalin Perfumery menyediakan beberapa tester sehingga para partisipan bisa mencoba aroma parfum sesuai dengan seleranya.

Selanjutnya stand Nail By Diana menyediakan beberapa contoh kuku palsu yang dapat di coba langsung dengan beberapa jenis ukuran, sedangkan Glow Clinic menyediakan konsul wajah gratis dan pembagian voucher. (win)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *