Sebanyak 337 Peserta Ramaikan Malang Flower Carnival Yang Digelar Disporapar Kota Malang, Kemenparekraf, Disbudpar Jatim

Sebanyak 337 Peserta Ramaikan Malang Flower Carnival Yang Digelar Disporapar Kota Malang, Kemenparekraf, Disbudpar Jatim (foto salah satu peserta MFC)

indonewsdaily.com, Malang, –Acara tahunan setiap memperingati HUT RI, bersama Disporapar Kota Malang, Kemenparekraf, Disbudpar Jatim, Gelar Malang Flower Carnival (MFC), dalam peringatan HUT Ke-79 Kemerdekaan RI  (25/8/2024).

Dalam gelaran MFC kali ini diikuti oleh sebanyak 377 peserta yang menampilkan kostum eksotis dan spektakuler dan terpantau media mayoritas peserta menampulkan replika kepala singa sebagai simbol Arema dan kota Malang..

Tahun ini, event yang diinisiasi komunitas Malang Flower Carnival (MFC) itu memang mengusung tema “The Magnificent of Arema” Berbagai kostum yang mencerminkan budaya dan kearifan lokal Kota Malang ditampilkan para peserta.

Kepala Disporapar Kota Malang, Baihaqi mengatakan bahwa gelaran MFC merupakan satu-satunya karnaval bunga terbesar dan terlama di Indonesia. Sejalan dengan karakteristik Kota Malang sebagai ‘Kota Bunga’.

“Didukung oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif serta Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Jawa Timur. Kami bangga menghadirkan sajian karnaval terbaik untuk warga Malang dan sekitarnya. Kegiatan ini sekaligus memperkuat pertumbuhan sektor ekonomi kreatif di kota ini,” jelas Baihaqi

MFC 2024 melibatkan 377 peserta dan performer yang terdiri dari 121 kostum karnaval, 26 kostum karakter, 46 fashion flower, 30 peserta undangan dan 14 peserta kehormatan.

“Acara ini tidak hanya menjadi ajang seni dan budaya, tetapi juga memberikan dampak ekonomi yang signifikan dengan melibatkan pelaku UMKM, 75 akomodasi, dan lebih dari 100 operator tour,” urai Baihaqi

Lebih lanjut Baihaqi menambahkan bahwa kerja sama strategis antara pemerintah daerah, pihak swasta dan masyarakat akan menjadi kunci dalam mengembangkan sektor pariwisata di masa mendatang.

Malang Flower Carnival 2024 kembali membuktikan Kota Malang sebagai kota penuh kreativitas dan potensi besar. Siap menyambut lebih banyak wisatawan, baik dari dalam negeri maupun mancanegara.

Dalam kesempatan tersebut, Pj Wali Kota Malang Iwan Kurniawan turut tampil dalam event Malang Flower Carnival (MFC) 2024, karnaval bertema bunga terbesar di Indonesia, yang helat di seputaran area Alun-alun Tugu Kota Malang.

Sedangkan Pj Wali Kota Malang Iwan Kurniawan, didampingi Pj Ketua TP PKK Kota Malang Septiana Iwan Kurniawan bersama jajaran Forkopimda Kota Malang melakukan devile kostum menyapa warga yang telah memadati Alun-alun Tugu Kota Malang dan Jalan Kertanegara, kemeriahan karnaval MFC diawali dengan pemukulan genderang secara serentak oleh Pj Iwan Kurniawan bersama Forkopimda di halaman Balai Kota Malang.

“Malang Flower Carnival tahun ini merupakan pagelaran yang ke-14 dan menjadi event karnaval yang bertahan sejak 2010. Tahun ini mengusung tema ‘The Magnificent of Arema’,” ungkapnya.

Malang Flower Carnival, menurutnya, even ini efektif untuk meningkatkan sektor ekonomi kreatif dan menguatkan citra Kota Malang sebagai destinasi pariwisata. “Tentunya ini akan berdampak pada kemajuan dan kesejahteraan Kota Malang,” kata Pj Iwan Kurniawan.

Diketahui, Malang Flower Carnival sukses diikuti 377 peserta. Ini ikut menggulirkan aspek perekonomian termasuk pelaku UMKM. Diantaranya, 75 akomodasi home stay dan hotel, serta 100 operator tour paket wisata terjual. (win)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *