Simak, 3 Jenis Rempah-rempah yang Bisa Menurunkan Kolesterol

Ilustrasi.

Indonewsdaily.com – Kolesterol merupakan komponen penting dalam tubuh, terlalu banyak jenis tertentu dapat menyebabkan potensi masalah kesehatan.

Namun, tumbuhan tertentu, seperti kunyit dan rosemary, dapat membantu menurunkan kolesterol. Berikut rempah penurun kolesterol, berdasarkan penelitian:

1. Fenugreek

Studi menunjukkan bahwa suplemen fenugreek dapat membantu menurunkan kadar kolesterol darah.

Menurut  Analisis meta 2020, peneliti menemukan bahwa bukti mendukung penggunaan suplemen fenugreek untuk membantu menurunkan kadar kolesterol pada penderita diabetes. Namun, penulis juga mencatat perlunya studi tambahan berkualitas tinggi.

2. Kayumani

Penelitian 2017 melihat efek kayu manis pada orang dengan sindrom metabolik. Sindrom metabolik adalah ketika seseorang menderita diabetes, tekanan darah tinggi, dan obesitas.

Peneliti menemukan bahwa, setelah 16 minggu, peserta yang mengonsumsi 3 gram (g) suplemen kayu manis setiap hari memiliki peningkatan signifikan pada orang yang mengonsumsi suplemen kayu manis dibandingkan mereka yang tidak. Namun, para peneliti mencatat bahwa penelitian lebih lanjut diperlukan untuk menyelidiki efek ini.

3. Bawang putih

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa bawang putih dapat menurunkan kadar kolesterol total dalam darah beberapa persen, tetapi hanya dalam jangka pendek. Studi lain menunjukkan itu mungkin tidak membantu seperti yang pernah dipikirkan.

Bawang putih dapat memperpanjang waktu perdarahan dan pembekuan darah, jadi sebaiknya Anda tidak mengonsumsi suplemen bawang putih atau bawang putih sebelum operasi atau dengan obat pengencer darah.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *