Simak! Ini Tiga Tips untuk UMKM agar Tetap Produktif Ketika Harus WFH

Indonewsdaily.com – Presiden RI Joko Widodo telah memberlakukan PPKM Darurat Covid-19 dan menghimbau masyarakat Indonesia untuk melakukan kegiatan dari rumah.

Beberapa perusahaan besar seperti IBM, Mcrosoft, Google dan Facebook sudah memberlakukan WFH (Work From Home). Bagi mereka WFH mungkin saja mudah dilakukan karena mereka sudah tersistem dan online, namun bagaimana dengan para pelakku UMKM, apa yang harus dilakukkan agar tetap bisa eksis dan produktif dimasa pemberlakukan PPKM Darurat ini? Meski di rumah, para pengusaha diminta untuk tetap optimis di tengah kondisi ekonomi global yang sedang menurun.

” Pesan saya ke pengusaha, tetap jaga optimisme tanpa menghilangkan kewaspadaan” ujar mentri keuangan Sri Mulyani dalam acara CNBC economy Outlook 2020.

Beruntung kini teknologi semakin canggih memberikan kemudahan bagi pelaku usaha untuk menjalankan usaha mereka tanpa harus keluar rumah.

Berikut ada Tiga Tips bagi pelaku UMKM agar bisa tetap eksis dan produktif meski harus menerapkan WFH. Apa saja itu?

  1. Terapkan komunikasi intens dengan pelanggan

Komunikasi menjadi kunci penting bagi pelaku usaha, tidak terkeuali pelaku UMKM, agar mereka selalu update dan memahami apa yang di inginkan pelanggan. Salah satu cara komunikasi yang bisa digunakan adalah dengan memanfaatkan aplikasi aplikasi yang bisa di pasang di smartphone, seperti Whatsapp, Telegram, Zoom meeting, dll.

  1. Memanfaatkan Media Sosisal Sebagai Media Pemasaran Bisnis Anda

Keberadaan media sosisal harus dimanfaatkan dengan maksimal untuk memasarkan bisnis. Para pelaku usaha UMKM bisa tetap memasarkan usaha mereka tanpa perlu keluar rumah hannya lewat media sosial.

Selain biaya yang terjangkau, memanfaatkan media sosial juga bisa menjau pasar yang luas, para pelaku usaha hanya perlu membuat konten semenarik mungkin agar cepat terkenal.

  1. Digitalisasikan Bisnis Anda

Era digital menghadirkan kemudahan bagi para pelaku UMKM untuk mengembangkan usahanya. Digitalisasi bisnis menjadi pilihan yang sangat penting bagi perkembangan usaha anda, karena digitalisasi bisnis mampu meringkas proses pekerjaan sehingga lebih hemat waktu dan efisien.

Kemudian pelaku UMKM dapat meminimalisir kesalahan dalam pekerjaan dengan menggunakan software bisnis. Dan yang tidak kalah penting adalah pengelolaan invoice, karena pengelolaan invoice sangat erat kaitannya dengan pengelolaan keuangan. saat ini software digital invoice membuat waktu pengiriman invoice lebih cepat dan mudah, karena bisa di kirim lewat email atai aplikasi messenger seperti Whatsapp, sehingga membangtu pengusaha menekan budget operasional.

Nah demikian tiga tips untuk UMKM yang bisa coba anda terapkan untuk mengembangkan usaha anda walau harus Work From Home

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *