Simu Liu Ungkap Shang-Chi Akan Bisa Jadi Ikon Seperti Jackie Chan

Indonewsdaily.com – Aktor Simu Liu yang berperan sebagai sosok Shang-Chi dalam Shang-Chi and the Legend of the Ten Rings merasa yakin bahwa karakter yang ia bawakan dapat menjadi tokoh bela diri ikonis dan representasi Asia seperti halnya Jet Li dan juga Jackie Chan. 

Dalam wawancaranya bersama dengan Entertainment Weekly yang tayang pada Selasa (6/7) waktu Amerika Serikat, Liu menyampaikan hal tersebut ketika membahas terkait stereotip terhadap orang Asia. Terutama stereotip terhadap orang dengan keturunan Asia yang tinggal di Amerika Serikat.

Ia mengungkapkan bahwa orang keturunan Asia mempunyai dua paradigma yang bertentangan antara satu sama lain. Menurutnya, orang berdarah Asia-Amerika yang progresif, termasuk dirinya, tidak ingin dikaitkan dengan bela diri dan hal yang lain. 

Sementara, mereka merasa bahwa kung fu adalah seni bela diri asal China merupakan hal yang sangat keren. Hal tersebut telah terbukti dengan banyaknya kesuksesan yang diraih oleh film-film kung fu yang kerap kali sukses dan luar biasa untuk ditonton. 

“Ada masanya pada saat saya tidak ingin ada orang yang melihat saya untuk melakukan bela diri, tetapi saya tumbuh dengan menonton Jet Li dan Jackie Chan, dan saya ingat betapa bangganya ketika menonton itu,” kata Liu. 

“Saya rasa Shang-Chi benar-benar dapat menjadi sosok seperti itu bagi orang Asia-Amerika. Dengan begitu, anak-anak yang saat ini tumbuh dewasa akan mendapatkan sesuatu yang tidak kita dapatkan, yaitu kemampuan untuk menonton film dan benar-benar merasa ter-representasi.” 

Shang-Chi sendiri bakal menjadi pahlawan super Asia pertama dalam waralaba film Marvel Cinematic Universe (MCU). Kehadirannya sebagai representasi Asia ini serupa dengan hadirnya Black Panther yang hadir sebagai representasi  Afrika. 

Shang-Chi pertama kali melakukan debut dalam Special Marvel Edition No. 15 pada tahun 1973 silam karya Steve Englehart dan Jim Starlin. Ia dikisahkan sebagai anak dari penjahat super, yaitu Fu Manchu yang berulang kali mencoba untuk menaklukkan dunia. 

Fu Manchu sempat memberi tugas twrhaddap Shang-Chi untuk membunuh seseorang. Alih-alih menyelesaikan tugasnya, melalui misi tersebut Shang-Ci malah mengetahui bahwa ayahnya adalah orang yang jahat sehingga ia memberontak. 

Dalam film ini, karakter Fu Manchu digantikan oleh Wenwu. Meski mempunyai penggambaran yang berbeda, Fu Manchu dan Wenwu memiliki karakter yang sama, yauru mereka sama-sama sosok antagonis yang juga ayah dari Shang-Chi. 

Shang-Chi and the Legend of the Ten Rings adalah bagian dari fase keempat MCU. Bila tidak ada perubahan jadwal tayang akibat pandemi Covid-19, film ini dijadwalkan akan rilis pada September 2021 mendatang. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *