Sinergitas TNI, Polri Pembersihan Material Tanah Longsor Rumpun bambu Curah Krecek

Indonewsdaily.com, Kota Batu – TNI, Polri, BPBD, PMI, Polhut, Tahura, PUPR, Komunitas JEEP, Agen bencana Propinsi Jawa Timur serta warga setempat untuk kegiatan kerja bakti bahu – membahu membersihkan material tanah longsor dan rumpun bambu Curah Krecek, di Daerah Aliran Sungai Krecek, Dusun Junggo Desa Tulungrejo, Kecamatan Bumiaji, Kota Batu. Selasa (8/11/2022)

Kapolres Batu AKBP Oskar Syamsuddin melalui Waka Polres Kompol Iswahab menjelaskan Akibat Hujan intensitas lebat di Kota Batu kembali menyebabkan tanah longsor khususnya di Kecamatan Bumiaji Kota Batu Bahkan kali ini material longsor hingga menutup aliran Sungai Curah Krecek, Desa Tulungrejo, Kecamatan Bumiaji Kota Batu Senin (8/11/2022) kemarin.

” Terlihat aliran sungai sudah tertutup dengan material tanah dan rumpun bambu. Dengan dimensi panjang 50 meter, lebar 30 meter dan tinggi 50 meter. Material longsor jatuh dan menutup aliran Sungai Krecek dengan dimensi material longsor di aliran sungai sepanjang kurang lebih 50 meter,” Ujarnya.

Iswahab menambahkan bahwa tidak hanya membersihkan tanah yang menutup aliran sungai, dalam kerja bakti dilakukan juga pemotongan pohon bambu yang terbawa tanah longsor.

“Bambu dipangkas agar mudah disingkirkan dari sungai. Terlihat aliran sungai sudah tertutup dengan material tanah dan rumpun bambu. Dengan dimensi panjang 50 meter, lebar 30 meter dan tinggi 50 meter. Material longsor jatuh dan menutup aliran Sungai Krecek dengan dimensi material longsor di aliran sungai sepanjang kurang lebih 50 meter” ujarnya.

Selain itu Iswahab tetap mengimbau kepada masyarakat agar waspada bencana alam. Mengingat hujan deras masih sering terjadi di wilayah Kecamatan Bumiaji hal tersebut adalah penyampaian pesan dari Wakapolres kota Batu.

Sementara itu Letkol Inf. Taufik Hidayat Komandan Kodim 0818/Kabupaten Malang-Batu Melalui Pabung Kodim 0818/Malang-Batu Mayor Czi Widagdo Menurutnya, melalui kerja bakti ini diharapkan dapat mempererat tali persaudaraan dan hubungan antara TNI–Polri dengan masyarakat terjalin semakin baik. Kepedulian sebagai terus ditunjukkan. Seperti halnya sekarang ini jalin sinergitas anggota, bahu-membahu bersama masyarakat melaksanakan kerja bakti bersihkan material longsor.

“Untuk penanganan dan pembersihan material pembersihan material longsor
akan dilanjutkan besok pagi pada Hari Rabu, 9 November 2022, karena kondisi cuaca di lokasi mulai hujan.” tutup Mayor Czi Widagdo. (win)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *