PERMUDAH KEPENGURUSAN SIM, SATLANTAS POLRES BATU BERIKAN BIMBEL KEPADA PELAJAR DAN MAHASISWA

Indonewsdaily.com, Kota Batu – Dalam rangka memberikan pelayanan prima kepada masyarakat khususnya pelajar, Satuan lalu lintas Polres Batu berikan bimbingan belajar (Bimbel) kepada mahasiswa Universitas Islam Negeri Malang kemarin (06/11/2022). Kegiatan tersebut sengaja di lakukan agar dalam kepengurusan Surat Izin Mengemudi (SIM) mengusai materi yang akan di ujikan.

Kepala Satuan Lalu Lintas (Kasatlantas) Polres Batu AKP Lya Ambarwati S.I.K, disela sela kegiatan Bimbel menjelaskan, kegiatan tersebut sengaja di laksanakan dalam rangka memberikan edukasi kepada pelajar dan mahsiswa agar dalam kepengurusan SIM bisa mengusai materi yang akan di ujikan,” materi yang diberikan pada saat bimbel sudah mencakup keseluruhan, mulai dari ujian teori sampai dengan ujian praktik.” Jelasnya.

Dalam Bimbel tersebut, nantinya masyarakat akan dipandu bagaimana cara menjawab soal-soal ujian pembuatan SIM dan cara lulus ujian praktik melalui pemberian kisi-kisi dan tips.

Petugas juga mengedukasi pelajar dan mahasiswa untuk mematuhi dan mentaati aturan berkendara di jalan raya,”Syarat pembuatan SIM saat ini bukan hanya KTP dan surat kesehatan saja, melainkan juga harus menyertakan surat tes psikologi yang dikeluarkan oleh rumah sakit atau instansi yang berwenang. Jadi mau bikin SIM A atau SIM C, dua-duanya harus menyertakan surat hasil tes psikologi,” ujarnya.

Kasat Lantas menambahkan, dengan adanya program ini, akan memperbesar kesempatan para pemohon SIM yang gagal untuk lulus ujian teori maupun praktik, baik roda dua maupun roda empat.

Tujuannya adalah untuk melayani masyarakat untuk bisa lulus ujian SIM dan mengetahui tata cara berlalu lintas dengan baik, serta tetap mengutamakan keselamatan berkendara,” Tujuanya untuk mempermudah masyarakat mendapatkan SIM sesuai dengan Perpol Nomor 5 Tahun 2021, tentang penerbitan dan penandaan Surat Izin Mengemudi,” tutupnya. ( Rio)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *