Sosialisasi E-katalog Kontruksi, Mas Pj Ali Kuncoro Tekankan harus Berdampak bagi Masyarakat

 

 

Foto: Pj Walikota Mojokerto Ali Kuncoro saat membuka acara sosialisasi e-katalog kontruksi.

Indonewsdaily.com, Mojokerto — Pemerintah Kota Mojokerto mengelar sosialisasi katalog elektronik (e-katalog) pada bidang konstruksi di Hotel Aston, Rabu (31/1/2024).

Sosialisasi dilakukan lantaran Pemkot Mojokerto mulai menerapkan e-katalog, selain karena lebih mudah, penerapan sistem ini juga mampu mempersingkat waktu lelang.

Pj Walikota Mojokerto M. Ali Kuncoro saat membuka acara mengatakan segala kebijakan yang dilakukan harus berdampak positif ke masyarakat.

“Sekali lagi semua kebijakan harus aplikatif dan berdampak ke masyarakat,” katanya.

Lebih lanjut Ali mengatakan setiap kebijakan harus mengerti kebutuhan dan keinginan masyarakat, bisa melalui musrenbang.

“Artinya usulan dari bawah itu apa kebutuhannya, dan ada juga kebijakan apa yang dihasilkan. Pada intinya harus dirasakan manfaatnya oleh masyarakat,” terangnya.

Dijelaskan oleh Mas Pj, rapat Koordinasi Rencana Umum Pengadaan APBD Tahun 2024 dilaksankan melalui skema desk untuk pengecekan berita acara komitmen yang telah dibuat apakah sudah sesuai terkait dengan hasil.

“Target Belanja PDN minimal 95% dari anggaran perencanaan penyedia atau 40% dari anggaran perencanaan penyedia dan swakelola yang diumumkan di sirup.lkpp.go.id. Adapun target belanja PDN pada tahun 2023 adalah 97.2% (dari perencanaan penyedia) sedangkan Realisasi PDN terhadap pelaksanaan penyedia pada tahun 2023 sebesar 93.74%,” jelasnya.

Ia menambahkan target belanja E-purchasing minimal 30% dari total anggaran perencanaan penyedia yang diumumkan di sirup.lkpp.go.id. Adapun target belanja E-purchasing/komitmen e-purchasing pada tahun 2023 adalah 33.18% (dari perencanaan anggaran penyedia) Sedangkan Realisasi E-purchasing terhadap pelaksanaan penyedia pada tahun 2023 sebesar 36.37% (sumber https://lkpp.bigbox.co.id/)

“Target belanja Barang/Jasa UMK 40% dari anggaran perencanaan penyedia yang diumumkan di sirup.lkpp.go.id.
Adapun target belanja UMK pada tahun 2023 adalah 86.14% (dari perencanaan anggaran penyedia) Sedangkan Realisasi UMK terhadap pelaksanaan penyedia pada tahun 2023 sebesar 49.45%,” katanya.

Sementara itu Kepala Bagian Pengadaan Barang atau Jasa dan Pembangunan Sekretariat Daerah Kota Mojokerto, Febri Emayanti mengatakan sosialisasi E-katalog Kontruksi pemberian materi oleh narasumber dari Biro Pengadaan Barang/Jasa Sekretariat Daerah Propinsi Jawa Timur.

“Materi hari pertama materi tentang membuat kertas kerja. Bagaimana cara memilih di dalam katalog konstruksi dan apa yang dilakukan setelah mendapatkan penyedia,” katanya.

Hari kedua tambahnya langsung praktek membuat kertas kerja. Praktek meliputi bagaimana cara memilih di dalam katalog konstruksi dan apa yg dilakukan setelah mendapatkan penyedia.

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *