SPI Laksanakan Penyembelihan Hewan Kurban Layak Sembelih H+1 Idul Adha

Indonewsdaily.com, Kota Batu – Penyembelihan dan pembagian daging hewan qurban Hari Raya Idul Adha 1443H tidak hanya dilakukan setelah sholat Idul Adha pada hari minggu (10/7/2022), namun di beberapa lembaga sekolah di Kota Batu melakukan pembagian hewan kurban pada hari Senin (11/10). Diantaranya SMA SPI Kota Batu.

Dra. Risna Amalia Kepala SMA SPI mengatakan, penyembelihan dan pembagian daging hewan sengaja dilakukan pada hari senin,(11/7/2022) karena saat hari raya memberi kesempatan anak didiknya untuk sholat Idul Adha bersama keluraga masing-masing.

Pada pelaksanaan qurban ini, panitia baik guru dan perwakilan siswa bisa fokus dengan kegiatan di sekolah.

Risna menyebutkan, di lembaga sekolahnya yang berada di Jalan Raya Pandanrejo No.2, Bumiaji, Kecamatan Bumiaji, Kota Batu, Jawa Timur, menyembelih hewan qurban Kambing. 60 % Siswa SPI yang beragama Islam.

Risna menyebutkan qurban bagi umat Islam adalah ungkapan terima kasih kepada Allah atas limpahan rezeki dengan cara berbagi makanan kepada mereka yang tidak mampu.

“Sejatinya qurban bukan hanya seremonial belaka untuk menjaga tradisi, melainkan tersimpan makna mendekatkan diri kepada Allah. Selain menaati perintah Allah, qurban Idul Adha juga sebagai ajang berbagi daging kepada fakir miskin yang membutuhkan.” Lanjutnya.

SPI sengaja melaksanakan qurban hari Senin, karena hari Minggu cukup banyak kegiatan dan siswa serta mahasiswa bisa fokus mengikuti sholat Idul Adha. Untuk itu pihak sekolah menyiasatinya dengan tidak melakukan pada hari H.

Penyembelian kambing dan dagingnya dibagi dengan sasaran penerima anak didiknya yang ada di asrama dan guru.
(win)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *