Transformasi STAINU Bawa Harapan Besar Untuk Kabupaten Temanggung

Indonewsdaily.com, Temanggung – Setelah melalui serangkaian proses yang panjang akhirnya Sekolah Tinggi Agama Islam Nahdlatul Ulama (STAINU) Temanggung resmi berubah bentuk menjadi Institut Islam Nahdlatul Ulama (INISNU) Temanggung pasca dilakukannya penyerahan Surat Keputusan Menteri Agama (KMA) RI nomor SK 089/KMA.1.30/VI/2021, yang dikukuhkan langsung oleh Ketua Tanfidziyah PCNU Kab. Temanggung K.H. Muhammad Furqon Masyhuri pada Selasa, (15/06) siang di aula Gedung KBIH Babussalam Temanggung.

Acara yang berlangsung mulai pukul 13.00 WIB ini dihadiri oleh Ketua BP2 INISNU Temanggung, Rois Syuriah PCNU Temanggung, Ketua Tanfidziyah PCNU Temanggung, staff ahli Bupati Temanggung, Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Temanggung, Kepala Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga kabupaten Temanggung, kepala Dinas DPUPR Kabupaten Temanggung, Jajaran Pejabat Utama STAINU Temanggung serta seluruh jajaran civitas akademika STAINU Temanggung

Ketua BP2 INISNU Temanggung Drs. H. Nur Mahsun, M.S.I. mengatakan bahwa perubahan dari STAINU menjadi INISNU Temanggung ini menjadi tonggak pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi yang mampu bersinergi terhadap kemajuan Nahdlatul Ulama. Beliau berharap dalam waktu dekat ini perubahan alih status institut mampu berubah lagi menjadi universitas dalam kurun waktu 5 tahun ke depan dengan semangat, sinergitas dan kerjasama baik antara yayasan, rektor, dosen, maupun mahasiswa.

Kegiatan dilanjutkan dengan penyerahan Surat Keputusan Menteri Agama (KMA) RI tentang perubahan bentuk STAINU menjadi INISNU Temanggung oleh Muhammad Adib Abdulshomad, Ph.D. Kepala Sub Direktorat Kelembagaan dan Kerjasama Direktorat Pendidikan Tinggi Islam Kemenag RI Kepada K.H. Muhammad Furqon Masyhuri Ketua Tanfidziyah PCNU Temanggung.

Dalam sambutanya, beliau mengatakan alih STATUS ini menjadi reborn dalam mencapai kejayaan Nahdlatul Ulama Temanggung di masa yang akan datang.

“Konsep pemimpin yang perlu dimiliki oleh orang NU harus berjiwa mabadi khoirul ummah, diantaranya kejujuran, kecerdasan, amanah, kerjasama dan tolong menolong,” tutur ketua Tanfidhiyah PCNU Temanggung.

Usai Penyerahan Surat Keputusan Menteri Agama (KMA) RI, dilanjutkan dengan penetapan pejabat sementara INISNU Temanggung. Sumarjoko M.S.I., menyampaikan banyak harapan terkait transformasi STAINU ke INISNU ini, selain harapan peningkatan kualitas SDM, back-up sistem pembelajaran dan administrasi juga harus terus ditingkatkan.

“Semoga dengan alih status dari STAINU ke INISNU Temanggung ini mampu mewujudkan kampus dengan stakeholder yang bergelar dosen S3 agar mampu mem-backup sistem pembelajaran baik akademik maupun administratifnya.” Pungkasnya.

Selamat tinggal STAINU dan selamat datang INISNU, sebuah harapan baru yang akan merubah segala tatanan dengan semangat yang baru menuju kemajuan dan kegemilangan di masa mendatang. (Yulian)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *